Selasa, 30 Desember 2014

Ringkasan Asam & Manis 2014



Karena hidup nggak pernah selamanya manis, pasti ada asam yang mengikutinya. Ya, seperti sekotak stroberi tak pernah bisa ditebaaak~  *upss malah nyanyi
Ada tawa, ada pula tangis. Ada canda, ada sakit hati. Wajar. Namanya juga manusia, pasti ada khilaf dan salahnya. Baiklah, mari aku ceritakan perjalananku selama tahun 2014. Jangan bosan baca sampai bawah ya?

·         Januari
Untuk yang kedua kalinya aku perjalanan Semarang – Jogja via Klaten. Apesnya baru sampai di perbatasan Salatiga harus dorong motor jauh banget gara-gara bannya bocor. Ngos-ngosan parah deh pagi-pagi. Begitu sampai Jogja, rasa letih udah hilang sama sekali. Jogja seperti tempat tinggal keduaku, aku selalu merindukannya.

Jalur Lingkar Selatan (JLS) Salatiga

Pengalaman yang menarik dan unik sih menurutku, aku bisa menemukan pemukiman penduduk yang dibangun seperti rumah teletubbies (serial anak-anak jaman dulu). Iya, bentuknya setengah lingkaran. Dibangun pasca gempa bumi Jogja tahun 2006. Namanya Desa Wisata Domes.


·         Februari
Katanya sih, katanya bulan Februari adalah bulan yang penuh cinta. Sayangnya, dibulan kedua tahun 2014 ini aku lagi mellow-mellow bombay akibat cinta yang terabaikan *plak* *lupakan kalimat barusan* *cuma bercanda*

Entahlah, sepertinya bulan ini aku lebih sering baca-baca novel sekaligus review, nggak nge-trip kemana-mana. Malahan nulis galau-galau gitu hahaa *jadi malu. Mau ngintip? Nih disini.

·         Maret
Banyak banget hal manis di bulan ini. Salah satunya ulang tahun sahabat. Ketahuan seneng banget kalau ada traktiran, hahaaa.

Long weekend di akhir bulan juga aku habiskan bersama sahabat-sahabat tersayang. Kami menuju Jogja di Malam Minggu. Pengalaman pertama banget. Mau tahu kenapa? Semarang – Jogja yang biasanya hanya ditempuh kurang lebih 3 jam, karena macet parah kami harus rela merelakan lelah letih dalam perjalanan selama lebih dari 6 jam. Tapi semuanya terbayar karena keesokan harinya kami berwisata pantai di Gunung Kidul.
 
Pantai di Gunung Kidul, Yogyakarta

Oh ya, bulan Maret aku juga nyobain resep ‘puding brownies’ mau tahu? Bisa diintip disini.

·         April
Lagi seneng-senengnya masak nih. Nyobain resep yang aneh-aneh. Tapi Alhamdulillah jadinya enak. Mau lihat? Boleh. Intip disini. Katanya temen sih enak lhoo. Namanya ‘Creamy Noodle’ yummyyy.

Oh ya, bulan April aku ke Jogja lagi. Nggak ada yang seru sih, cuma jalan-jalan biasa aja. dan SENDIRIAN.
 
Malioboro - Mie Ayam Goreng, Sleman

·         Mei
Di bulan ini banyak moment yang mau aku bagi pada kalian. Pertama kali meet and greet sama Bang Tere Liye di Gramedia Pandanaran. Sosok penulis yang menurutku cerdas dan kocak. Walaupun waktu itu aku belum sekalipun baca novelnya, tapi aku punya 3. Novel milikku ditandatanganin beliau, dong.

Meet and greet juga sama penulis favorit. Bernard Batubara. Yang ini belum sempat posting di blog. Eh tapi nggak rugi sampai dibela-belain cuti kerja kalau dapat tanda tangan sama foto bareng :D



Oh ya, bulan ini juga jadi sejarah karena gagal LDR satu tahun. Huhuu sedih sih, tapi enjoy aja. Kalau dia emang jodohku, nggak akan lari kemana kan kan?

“Bandara, bukti nyata bahwa sesungguhnya benar-benar ada kepergian dan kepulangan seseorang.”

Kalian pernah lihat festival pelepasan 1.000 lampion di candi Borobudur? Di Semarang ada juga lho festival lampion di Banjir Kanal Barat, hampir-hampir mirip sih sebenarnya tapi kurang banyaaak! Atau mungkin karena aku nonton jauh dari area pelepasan, jadi kelihatan kecil banget ya? Mungkin~



·         Juni
Happy Graduation, sobat! Acara ini bikin aku pengen di-wisuda lagi. Hiks.






Yang ini nyenengin bangeeet. Talkshow bareng Dara Prayoga yang ganteng dan Alitt Susanto yang kocak. Foto bareng juga dong :p



·         Juli
Bulan Juli nggak banyak kegiatan, nggak banyak acara. Bulan Ramadhan perbanyak ibadah aja *ciee* dan buka bersama teman-teman *teteeeup*.



Juli oh Juli, aku jadi ingat 2 tahun yang lalu. Kisah asam manis bersama laki-laki Sagitarius. Dia apa kabar ya? Semoga sehat selalu dimanapun dan kapanpun. Semoga masih ingat juga denganku. Selamat GAGAL 2 tahun. Hiks.

·         Agustus
Agustus is my birthday! Terima kasih sahabat-sahabatku yang udah kasih surprise 2x. Kue ulang tahun 2x pula dan kado. Seneeeeeengg deh pokoknya!!!
 
Surprise 22 tahun :*

Dan Jogja adalah kado dariku untukku sendiri. Jalan-jalan ke Festival Kesenian Yogyakarta (FKY26), jalan-jalan ke Bantul Expo, hunting buku di GOR Klebengan, sampai menikmati Jogja jaman dulu di Pasar Kangen Jogja. Yeyy :p

·         September
Bulan banyak acara. Lalalaa~
Jalan-jalan ke FKY untuk kedua kalinya. Jalan-jalan ke Taman Sari bareng sahabat-sahabat, walau belum puas dan suatu saat pasti ada rencana kesana lagi. Waktu itu udah kesorean banget sih.
 
Taman Sari - Yogyakarta


Kamu anak Semarang? Kalau iya, tentu kenal dong sama Jateng Fair? Jateng Fair dibuka setahun sekali dan ditempatkan di PRPP. Dalam acara ini menampilkan potensi daerah yang berada di Jawa Tengah, dan keseruan pasar malam dengan hiburan baru ‘Korean Lantern Park’.

Yang terakhir aku mengunjungi Festival Kota Lama dan Pasar Sentiling Semarang. Tepatnya di seputaran kawasan Kota Lama Semarang (itu tuh dekatnya Gereja Blenduk, tahu?). Yang bikin aku bahagia bukan barang-barang jaman dulunya tapi keliling gedung yang baru-baru ini dibuka. Namanya Semarang ContemporaryArtGalery.

·         Oktober
Sahabatku lagi-lagi ada yang wisuda. Happy Graduation!



Di bulan ini terjadi tragedi kehilangan kamera waktu wisata air di Water Blaster Semarang. Tapi Alhamdulillah bisa dilacak dari CCTV dan ketemu siapa pencurinya, nggak jadi ilang deh kameraku. Emang kalau rejeki nggak akan kemana.



Yang paling nyenengin banget, bulan ini dapat hadiah kaos kereeeen. Lihat nih…



·         November
Happy Birthday My Sagittarius, miss you so much! Argh!
Berawal dari sinilah kisah kita dimulai kembali. Pertemanan yang sangat kuharapkan menjadi lebih dari sekedar itu. Komunikasi yang intensif. Nggak ada salahnya berharap kan? Ssstt dia juga kasih kesempatan buat aku :D

·         Desember
Jalan-jalan melulu. Makan-makan melulu. Kehabisan budget buat tahun baru. Duh!
Bulan Desember ini aku bersama teman-teman cuma wisata keliling Semarang aja sih, tapi seru. Nggak ada hal yang lebih seru daripada kebersamaan bersama orang-orang terdekat. I Love You, GUYS!  :*

Waduk Jatibarang - Goa Kreo

Nglimut - Gonoharjo

Klenteng Sam Poo Kong

Dan masih banyak lagi hal-hal manis yang (sengaja) nggak aku tulis. Kalau didaftar semuanya bisa-bisa 3 hari nggak kelar ngetiknya *upss. Masih banyak juga hal-hal yang belum sempat aku posting di blog. Intinya, buatku tahun 2014 lebih indah daripada tahun sebelumnya. Special thanks buat sahabat dan keluargaku :*


Terbukti kan dari daftar di atas nggak selamanya hidup itu berjalan mulus. Kadang ada kerikil-kerikil kecil yang menghambat, kadang bongkahan batu besar yang menuntut kesabaran ekstra. Maka, nikmatilah setiap proses yang menjadikanmu lebih dewasa. Hargai setiap liku kehidupan yang bisa jadi membuatmu makin sukses ke depannya. Semangat menyambut tahun baru 2015.


** Tulisan ini diikutsertakan dalam Giveaway Martabak Asam Manis oleh @agitavio


Martabak Asam Manis
Penulis : Fico Fachriza
Penerbit : Bukune
Tahun terbit : 2014
ISBN : 602-220-138-1
Jumlah halaman : 178 hlm





 


Sinopsis:
“Tes, tes!”
Gue ngecek mic sambil lirik-lirik malu ke penonton.
“Halo nama gue Fico dan ini kali pertama gue open mic.
Penonton tepuk tangan. Wuisss…, percaya diri gue naik.
Gue langsung masuk bit pertama.
"Menurut gue, kecap sering diremehkan. Padahal penting, loh! Kalo nggak ada kecap, bisa-bisa nasi uduk sama nasi goreng ketukar. Kasihan nasi uduk yang sudah dengki banget sama nasi goreng karena lebih dulu go international."
Hening.
Penonton sibuk masing-masing. Ada yang tidur, ada yang baca koran, ada yang nidurin koran, Gue udah kayak loper koran di lampu ijo.
Nggak dianggep dan ditelan asap knalpot.

***

Seperti martabak lezat yang terbuat dari perpaduan bahan masakan, cerita Fico pun dibentuk dari banyak cerita. Telur itu seperti Fico yang lucu dan bundar. Baking powder-lah membuatnya mengembang. Taburan cokelat keju memberi rasa manis dan asin dalam hidupnya. Semua itu dicampur dan diolah menjadi ‘Martabak Asam Manis’ yang gurih-gurih enyoy.
Sekarang, yuk, kita nikmati hidangan ala Fico. Bon appѐtit!


2 komentar:

  1. GAGAL DUA TAHUN!!! *plakkkkk*

    ini kok ya kamu ceritanya semarang-jogja terus. aku jadi kangeeeen :''')

    BalasHapus
  2. pengen banget bisa ke jogja. seru banget kayaknya ya jogja jadi tempat tinggal keduamu :)

    BalasHapus

Blogger yang baik selalu meninggalkan jejak.
Terima kasih dan selamat datang kembali :)