Minggu, 23 Agustus 2015

Semarak Jateng Fair 2015

Jateng Fair adalah acara rutin tahunan yang diselenggarakan di ibukota Provinsi Jawa Tengah, tepatnya di PRPP Semarang. Tahun ini, Jateng Fair mengusung tema “Ayo Wujudkan Jateng Responsif, Kompetitif, dan Inovatif” diselenggarakan setiap hari berturut-turut selama 18 hari sejak 20 Agustus 2015 sampai 6 September 2015. Dimana pada hari Senin hingga Sabtu buka pukul 16.00 – 22.00 WIB, sementara hari minggu buka mulai pukul 10.00 – 22.00 WIB. Untuk tiketnya sendiri seharga Rp 12.000,- per orang.



Yang belum tahu rute menuju PRPP Semarang, mari saya tunjukkan:
Jika dari pusat kota, anggap saja dari Tugu Muda / Lawang Sewu jalanlah ke arah barat menuju Jl. Mgr Sugiopranoto melewati jembatan banjir kanal barat lurus saja hingga di lampu merah pertama Jl Jend. Sudirman, belok kanan di Jl. Puri Anjasmoro. Nanti akan menjumpai gapura bertuliskan PRPP. Lurus saja hingga perempatan Jl. Alteri (yang ada pom bensinnya) ambil jalan lurus (ke utara) mentok sampai pojok di situlah PRPP berada.
Jika menggunakan kendaraan roda 4, parkir masuk melalui gerbang depan / gerbang Legowo. Jika menggunakan kendaraan roda 2, parkir masuk melalui gerbang Puri Maerakaca.

Yang membuat berbeda dari Jateng Fair 2014 adalah adanya Pameran Alutsista (Alat Utama Sistem Persenjataan) dari Kesatuan Kodam IV / Diponegoro yang ikut memeriahkan acara Jateng Fair 2015. Berjejeran alat peperangan angkatan darat seperti tank, meriam, berikut baju perangnya bisa menjadi hiburan tersendiri untuk pengunjung yang suka berfoto.



Adapun pameran yang lagi nge-hits kekinian yaitu Bursa Gemstone / pameran batu akik.


Selain itu, Festival of Lights atau taman lampion sepertinya menjadi  daya tarik para pengunjung dari anak-anak kecil hingga orang dewasa. Kebanyakan dari mereka bernarsis-ria di depan lampion yang dibuat sedemikian rupa menyerupai istana beserta princess dan hewan-hewan lucu lainnya.




Adapun bianglala raksasa yang menjadi ikon PRPP Semarang, bisa dinaiki dengan membayar Rp 15.000,-. Wahana permainan yang lain ada kora-kora, bungee jumping, bom-bom car, serta mainan-mainan anak lainnya. Jika ingin mengelilingi kawasan PRPP Semarang bisa menyewa sepeda tandem, becak mini, atau becak hias yang dibentuk mobil-mobilan. Melipir lewat pinggiran akan menjumpai rumah hantu dengan judul House of Voodoo.



Capek menyusuri arena permainan di luar, saatnya ngadem di dalam gedung. Ada apa aja sih? Penasaran.
·         Bale Merapi
Berisi stand-stand dari BUMN, Swasta, dan UMKM.

 
·         Bale Sumbing
Berisi wahana foto 3 dimensi SpectaMata, PRPP science center, segway. Ada pula alat yang dinamakan rumah simulasi gempa.


·         Bale Sindoro
Berisi stand-stand pengenalan produk Kabupaten / Kota di Jawa Tengah. Serta sebagian pameran Alutsista Kodam IV / Diponegoro.



·         Bale Merbabu
Berisi stand-stand SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah)Provinsi Jawa Tengah dan BUMD.



PRPP Semarang itu luas bangeet. Pastinya lapar dan haus dong setelah muter-muter kesana-kemari. Jangan khawatir, di dalam sana ada juga kok wisata kuliner. So, bisa disambi ngemil sembari jalan-jalan.

Untuk memeriahkan Jateng Fair 2015, panitia juga menghadirkan artis nasional dan lokal untuk mengisi panggung utama. Jadwal lebih lengkapnya bisa lihat di website semarangkota.com



Ayo liburan ke Semarang, mumpung masih ada waktu! Jangan lupa ajak teman atau keluarga biar makin rame :D
*kalau gua mah udah biasa sendiri* *eh malah curhat*


PS: Berhubung kamu gak jadi nemenin aku ke Jateng Fair 2015, this is for you, Sagittarius :)


3 komentar:

  1. wah keren. kayaknya lebih seru dari tahun kemaren. rencana sih tanggal 6 mau kesana.

    BalasHapus
  2. festival of light nya bakal menarik banget nih. Terutama buat anak-anak :)

    BalasHapus

Blogger yang baik selalu meninggalkan jejak.
Terima kasih dan selamat datang kembali :)