Senin, 14 Agustus 2017

Rayakan HUT ke-72 RI dengan Kirab Merah Putih


Minggu pagi, 13 Agustus 2017 ribuan orang sudah memadati sepanjang Jl. Pemuda Semarang untuk persiapan Kirab Merah Putih yang digelar oleh Kodam IV Diponegoro bersama dengan Pemerintah Kota Semarang.


Acara ini diawali dengan apel di halaman Balaikota Semarang pukul 08.00 yang dihadiri oleh wakil gubernur Jawa Tengah, walikota Semarang, Pangdam IV Diponegoro, serta ulama KH. Habib Luthfi Yahya.

Para peserta Kirab Merah Putih berasal dari berbagai elemen masyarakat seperti TNI, Polri, pelajar, dan mahasiswa.  Mereka berjalan kaki kurang lebih sepanjang 3 kilometer dari depan kantor Balaikota Jl. Pemuda Semarang menuju kantor Gubernur Jawa Tengah di Jl. Pahlawan dengan melewati Jl. Pandanaran dan bundaran Simpang Lima.

Sejumlah kendaraan tempur militer mengiringi para peserta kirab di garda terdepan. Banyak masyarakat yang merasa senang ketika mereka diberi kesempatan untuk naik di atas tank militer yang berlapis baja tersebut.



Adapun parade marching band dari Cendrawasih Akpol, Naga Laut Wira Samudera AKPELNI, dan Marching Band PIP Semarang. Mereka membawakan lagu-lagu nasionalis yang tentu saja sangat menarik. Atraksi marching band dari AKPELNI mengundang decak kagum dan tepuk tangan penonton ketika mereka melakukan formasi dengan naga liong dan salah satu taruna yang menggigit bass drum dengan giginya.







Dalam barisan Kirab Merah Putih diikuti pula oleh FKPPI (Forum Komunikasi Putra Putri Purnawirawan dan Putra Putri TNI-Polri), pasukan pembawa bendera merah putih dari kelompok 17, kelompok 8, dan kelompok 45, serta sejumlah siswa siswi pelajar SMP hingga SMA negeri dan swasta se-Kota Semarang. Di bagian paling belakang barisan ada komunitas sepeda lawas hingga komunitas mobil turut menyemarakkan jalannya kirab.






Tak heran jika Kirab Merah Putih menyita perhatian dari banyak penonton karena pada saat itu bertepatan dengan Car Free Day (CFD) yang rutin diadakan setiap Minggu pagi di seputaran Jl. Pemuda dan Simpang Lima hingga Jl. Pahlawan.

Kirab Merah Putih adalah salah satu rangkaian dalam memperingati Hari Ulang Tahun Kemerdekaan ke-72 Republik Indonesia di wilayah Kota Semarang. Selain itu juga ada Tausiyah Kebangsaan / doa bersama yang diselenggarakan pada tanggal 14 Agustus 2017 pukul 18.00 di bundaran Tugu Muda Semarang.

Gubernur Jawa Tengah dalam amanatnya yang disampaikan oleh wakil gubernur Heru Sudjatmoko menekankan bahwa melalui Kirab Merah Putih ada pesan kuat untuk menanamkan semangat nasionalisme yang dibangun melalui persatuan dan kesatuan dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Blogger yang baik selalu meninggalkan jejak.
Terima kasih dan selamat datang kembali :)