Rabu, 01 Maret 2017

Wisata Alternatif di Daerah Semarang Atas


Saya tidak yakin bahwasanya tempat ini adalah kawasan wisata. Akan tetapi dengan beredarnya foto-foto di berbagai social media membuat tempat ini mau tidak mau menjadi ramai pengunjung. Entah itu penasaran, pengen eksis, atau sekedar bersantai.

Hari Minggu, 12 Februari 2017 saya sedang bersantai di rumah dan tidak sedang ada rencana kemana-mana. Matahari tidak terlalu terik alias mendung menggelayut. Namun tiba-tiba…
“Kayaknya enak nih jalan-jalan sebentar” pikirku. Kemudian sampailah saya di sebuah tempat yang secara geografis masuk ke wilayah kecamatan Tembalang.


Sebenarnya niat untuk berkunjung ke suatu tempat yang sedang hits di Tembalang ini terjadi begitu saja ketika saya selesai mencucikan motor. Namanya Waduk Pendidikan Diponegoro. Lokasinya nggak terlalu jauh dengan kampus Universitas Diponegoro. Dekat dengan GOR Diponegoro.

Sebelum masuk ke kawasan Waduk Pendidikan Diponegoro, pengunjung akan melewati sebuah gerbang. Di tengah-tengah gerbang tersebut ada pos penjaga. Mungkin kalau hari-hari biasa harus izin ke security, tapi saat saya ke sana hari Minggu tidak ada yang jaga.


Ada apa aja sih di dalam kawasan Waduk Pendidikan Diponegoro?

Tentu saja ada waduk. Fix!
Pernah ke Embung Nglanggeran Gunung Kidul? Nah, Waduk Pendidikan Diponegoro ini KW-nya. Eh tapi nggak mirip-mirip banget ding :D


Pertama-tama saya menuju ke bangunan 2 lantai yang di-cat dengan warna hitam–putih–merah. Untuk bangunan di lantai bawah, kurang tahu ya fungsinya untuk apa soalnya ditutup.
Berdasarkan tulisan yang ada, tempat ini adalah Gardu Pandang. Untuk menuju ke Gardu Pandang, pengunjung bisa naik melalui tangga yang tersedia di samping gedung.


Di lantai 2, berdiri semacam rumah kaca yang masih kosong. Saya sendiri belum tahu peruntukannya karena ya memang belum ada tanda-tanda akan digunakan sebagai apa. Halamannya lumayan luas. Inilah yang dimaksud gardu pandang. Di tempat inilah biasanya muda-mudi berfoto dengan latar belakang waduk.


Tembok tak pernah bersih dari coretan -__-

Lain halnya dengan Embung Nglanggeran yang dikelilingi oleh pepohonan, bahkan gunung, di Waduk Pendidikan Diponegoro ini sekelilingnya adalah bangunan yang menjulang. Ya iyalah namanya juga kawasan kampus :D

Tak puas hanya melihat waduk dari jauh, pengunjung bisa lebih mendekat.
Di dekat waduk, berdiri bangunan 2 lantai yang digunakan sebagai terminal bibit. Selain itu juga ada taman dan berdiri sebuah gazebo untuk beristirahat.


Tempat instagramable di Waduk Pendidikan Diponegoro selain Gardu Pandang adalah jembatan berwarna biru. Jembatan ini menghubungkan tepi waduk dengan sebuah pintu air yang berada di tengah-tengah. Kalau angin kencang, di atas jembatan ini sensasinya euy, kayak diayun-ayun.

Bagi pengunjung yang membawa kendaraan pribadi (karena memang masuk ke kawasan ini nggak ada angkot) sudah disediakan tempat parkir yang lumayan luas. Silakan parkir di tempat yang sudah disediakan, jangan seenaknya sendiri. Saya lihat ada beberapa sepeda motor yang parkir di dalam kawasan taman. Mentang-mentang nggak ada yang jaga apa ya?

Parkir yang benar

Parkir yang salah

Di daerah Semarang atas belum banyak tempat wisata. Saya rasa Waduk Pendidikan Diponegoro ini bisa menjadi alternatif untuk sekedar refreshing. Ketika weekend, saya amati banyak orang silih berganti mendatangi tempat ini. Tak hanya muda-mudi saja, beberapa orang tua beserta anak-anaknya juga menghabiskan waktu di sekitar waduk.

Ada yang memancing

Tapi ingat, patuhi tata tertib dan selalu jaga kebersihan dimana pun kamu berada :D

2 komentar:

  1. Aku malah baru tau nih mbak ?? :D
    taunya waduk jatibarang. Hehehe

    BalasHapus
  2. Ternyata daerah waduk pun gak luput dari coretan orang yang gak bertanggung jawab ya :(

    BalasHapus

Blogger yang baik selalu meninggalkan jejak.
Terima kasih dan selamat datang kembali :)