Rabu, 05 Oktober 2016

Sky Umbrella - Festival Payung Indonesia 2016


You say you love rain, but you use an umbrella to walk into it
-  Bob Marley


Festival Payung Indonesia merupakan event tahunan yang bertempat di Taman Balekambang, Solo. Tahun ini merupakan gelaran ke-3 dengan mengangkat tema “Sky Umbrella, Exploring Indonesia”. Diselenggarakan setiap hari pada tanggal 23 – 25 September 2016 pukul 09.00 – 21.00 WIB.

Menyambung posting blog yang ada di link ini, saya dan kedua teman saya mengunjungi Festival Payung Indonesia di Taman Balekambang pada hari terakhir penyelenggaraan. Pukul 13.53 kami sampai di gerbang utama yang penuh dengan payung-payung beraneka warna dan beragam bentuk. Ada yang besar, sedang, dan ada yang sangat kecil.



Festival ini adalah yang kedua kalinya saya hadiri setelah festival serupa tahun lalu. Jika Festival Payung Indonesia 2015 langit-langit dekat gerbang Taman Balekambang dipenuhi oleh kerangka-kerangka payung, kali ini berubah menjadi payung-payung yang bermotif batik.


Tak perlu risau soal tiket masuk, karena untuk menghadiri festival ini pengunjung tidak dipungut biaya sepeserpun alias gratis. Kecuali buat parkir :D

Banyak daerah-daerah di Indonesia yang terlibat dalam festival ini, selain tentu saja Kota Solo yang menjadi tuan rumah. Adapun beberapa negara yang terlibat juga yaitu Inggris, Jerman, Thailand, Jepang, Brunei, Meksiko, dan Singapura.


Selain di area pintu gerbang Taman Balekambang, yang menarik perhatian pengunjung untuk ber-selfie ria adalah di sebuah kerangka yang bentuknya segitiga dengan banyak payung di sekelilingnya. Tahun lalu, kerangka ini berbentuk payung dan lebih besar dari ini.
 
Zoom In

Zoom Out

Jadi, payung bukan hanya media untuk melindungi diri ketika hujan tetapi bisa juga menjadi kerajinan bahkan menjadi karya seni yang indah untuk dinikmati.


Selain menampilkan beraneka jenis payung yang berwarna-warni di lokasi Taman Balekambang,  juga ada pameran, workshop, fashion show, dan pagelaran tari. 


Ada pula mural raksasa yang panjangnya kurang lebih 10 meter, dengan warna-warninya yang ‘eye catching’. Sayangnya saya nggak sempat mengabadikan semuanya karena teman saya sudah ribet ngajakin pulang. Padahal waktu itu baru pukul 15.00, baru satu jam di Taman Balekambang. Belum puas explore semuanya :(

Ya begitulah sekiranya kalau sedang jalan-jalan dengan teman (atau siapapun), nggak boleh egois meski kamu kurang puas dengan apa yang kamu dapatkan selama di tempat tersebut. Intinya Solo Traveling lah kalau mau bebas! :D

1 komentar:

  1. oh my to the goddddd,,gue liat juga postingan temen gue tentang ini, tpai gue baru tau kalo acarqany semeriah ituuuu,,,,indah bangetttt :( pengen kesitu deh tahun depaannn,,,, asik buat foto foto ya

    BalasHapus

Blogger yang baik selalu meninggalkan jejak.
Terima kasih dan selamat datang kembali :)