Kamis, 01 September 2016

Pameran Warisan Dunia 2016


Bertepatan dengan perayaan HUT ke-66 Provinsi Jawa Tengah yang dipusatkan di Magelang, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Tengah menggelar pameran warisan dunia yang terdapat di Jawa Tengah dan D.I. Yogyakarta. Pameran ini berlangsung selama 4 hari sejak 26 – 29 Agustus 2016 dan bertempat di Atrium Armada Town Square, Magelang, Jawa Tengah.


Ada beberapa museum dan instansi pelestari cagar budaya  yang terlibat dalam pameran ini, yaitu: 
·         Balai Pelestarian Situs Manusia Purba Sangiran
Stand ini menampilkan perbedaan 3 tipe tengkorak Homo Erectus. Selain itu juga ditampilkan pula gading gajah raksasa serta fosil fauna air seperti gastropoda dan lain-lain.


·         Museum Keris Tosan Aji Purworejo


·         Paguyuban Keris Puri Wiji

·         Museum Batik Kota Pekalongan
Beberapa macam batik ditampilkan di stand ini. Tak ketinggalan pula dipamerkan alat yang digunakan untuk membatik beserta pewarnaannya. Oh ya, di stand ini pengunjung bisa belajar membatik lho, ada yang mengajari.


·         Balai Konservasi Borobudur
Seperti yang sudah kita ketahui bersama, Candi Borobudur merupakan situs warisan dunia sesuai dengan keputusan UNESCO. Dibangun pada abad ke-8 M pada masa pemerintahan Dinasti Syailendra. Borobudur adalah candi Buddha terbesar di dunia.
Kompleks candi ini meliputi 3 monumen yaitu Candi Borobudur dan dua candi lainnya yang lebih kecil yang berada di sebelah timurnya dalam sebuah garis lurus dengan Borobudur. Kedua candi tersebut adalah Candi Mendut dan Candi Pawon.

·         Museum Wayang Indonesia Padepokan Pak Bei Tani
Museum ini berdiri di Kecamatan Wuryantoro, Kabupaten Wonogiri. Berbagai jenis wayang ditampilkan di museum ini. Seperti wayang kulit, wayang klithik, wayang suket, dan wayang potehi.
Pertunjukan wayang kulit sendiri telah diakui oleh UNESCO pada tanggal 7 November 2003 sebagai karya kebudayaan yang mengagumkan dalam bidang narasi dan warisan yang indah dan berharga (Masterpiece of Oral and Intangible Heritage of Humanity).

Wayang Bali

·         Museum Wayang Kekayon
Museum ini terletak di Jl. Yogya – Wonosari KM 7 No. 277 Bantul, Yogyakarta. Berbagai macam jenis wayang juga ditampilkan di stand ini. Adapun wayang yang merupakan terobosan baru bernama wayang millennium, wayang ini terbuat dari seng dan dibedakan menjadi wayang modern dan kontemporer.


·         Badan Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) DIY
Stand ini menampilkan maket Candi Prambanan. Candi Prambanan termasuk Situs Warisan Dunia UNESCO No. 642 tahun 1991, merupakan candi Hindu terbesar di Indonesia.candi Prambanan merupakan suatu kompleks yang terdiri dari 240 candi yang dibangun selama masa pemerintahan Dinasti Sanjaya sekitar abad ke 9 M. tetapi kini hanya tersisa 18 candi; yaitu 8 candi utama dan 8 candi kecil di halaman I serta 2 candi perwara di halaman II, sisanya belum dipugar.

Candi Prambanan

·         Badan Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Tengah
Menampilkan maket Candi Sewu. Kompleks Candi Sewu masuk dalam ruang geografis Candi Prambanan. Candi Sewu berlatar belakang agama Budha, terdiri dari 249 candi; yaitu 1 candi induk, 8 candi apit, dan 240 candi perwara. Selain itu terdapat 4 pasang Arca Dwarapala yang berada di keempat sisi pintu masuk halaman kompleks Candi Sewu.

Candi Sewu

Acara tersebut tak hanya berupa pameran. Hari Minggu, 28 Agustus 2016 diadakan lomba menari yang pesertanya kebanyakan berasal dari anak-anak.


Pameran ini bertujuan supaya pengunjung bisa menikmati beberapa warisan dunia yang ada di Jawa Tengah dan D.I. Yogyakarta sekaligus dalam satu waktu.
Tak mudah bagi suatu peninggalan nenek moyang bangsa mendapatkan ketetapan sebagai warisan dunia dari UNESCO. Semoga ke depannya masyarakat menjadikan tempat-tempat ini sebagai objek wisata yang menarik untuk dikunjungi. Kalau bukan kita sendiri yang menghargai, lalu siapa lagi?

Lumayan dapat souvenir :D

2 komentar:

  1. Huwaaa.... seru banget love love love

    BalasHapus
  2. Haduhh sayang banget nggak bisa lihat secara langsung :-(

    BalasHapus

Blogger yang baik selalu meninggalkan jejak.
Terima kasih dan selamat datang kembali :)