Senin, 25 April 2016

Semarang - Solo Hanya Rp 10.000,- Saja. Murah?


Hai… apa kabar? Lama nggak update nih, kangen juga. Kangen tapi kok banyakan malesnya, hehee :D

Hari Minggu, 24 April 2016 kemarin saya jalan-jalan ke Kota Solo naik kereta dari Semarang. Sendirian. Namanya juga acara mendadak, jadi ya dimaklumi aja kalau perginya cuma sendiri. Lagian udah biasa juga kemana-mana sendirian, enjoy sih.


Pukul 7.45 saya sudah siap berangkat dari rumah. Molor 30 menit dari rencana semula karena adegan antri kamar mandi. Walaupun jadwal keberangkatan kereta masih satu jam lagi, saya pun nggak bisa santai-santai. Di rumah nggak ada orang yang bisa nganterin sampai stasiun, angkutan umum ada sih, tapi langka lewatnya. Terpaksa deh jalan kaki 1 km hingga halte BRT terdekat. 15 menit kemudian sampai di Halte Elizabeth untuk menunggu BRT (sebutan untuk Trans Semarang) koridor II yang membawaku sampai ke tujuan berikutnya. Ngomong-ngomong, untuk sampai di Stasiun Poncol harus transit di halte SMA 5 untuk melanjutkan perjalanan dengan BRT Koridor IV.

Halte BRT penuh

Jam sudah menunjukkan pukul 8.30 ketika saya memasuki peron stasiun. Tiket sudah di tangan, karena Sabtu lalu sudah pesen terlebih dulu, takutnya kehabisan kalau pas hari H. Kereta Api Kalijaga sudah menunggu dengan anggun di jalur 1. Saya pun bergegas masuk untuk mengincar tempat duduk di samping jendela (meski nomor kursi sudah ada di tiket). Sayangnya, sudah ada bapak-bapak yang menempatinya. Ya sudah lah ngalah aja…


KA Kalijaga adalah kereta api kelas ekonomi AC yang melayani jalur kereta api Semarang Poncol – Purwosari PP dengan waktu tempuh kurang lebih 3 jam (selisih waktu sedikit dibandingkan naik bus). Sistem dan denah tempat duduk KA Kalijaga adalah 3-2 yang saling berhadap-hadapan. Dengan harga Rp 10.000,- (sepuluh ribu rupiah) saja saya rasa kereta ini cukup nyaman. AC sudah jelas ada, colokan listrik ada, toilet pun ada.



Dari Semarang, penumpang bisa naik KA Kalijaga melalui Stasiun Poncol atau Stasiun Tawang karena di kedua stasiun tersebut disinggahi. Saya sarankan sih naik dari Stasiun Poncol kalau pengen cepet-cepetan dapat tempat duduk di samping jendela (saya banget ini mah :D). Namun lebih banyak penumpang yang memilih naik dari Stasiun Tawang. Dari sini, kereta akan berjalan ke arah timur untuk singgah di beberapa stasiun, di antaranya: Brumbung, Kedungjati, Telawa, Gundih, Salem, Solo Balapan, dan tujuan terakhir Purwosari.

Singgah di Stasiun Kedungjati

Di sepanjang perjalanan, petugas kafetaria akan berkeliling menjajakan makanan dan minuman. Diantaranya yaitu teh, kopi, maupun mi seduh. Atau kalau penumpang membawa makanan dan minuman sendiri dari rumah, bisa banget dinikmati sambil menunggu kereta sampai tujuan.

Penumpang yang duduk di kursi samping dan depan pada tidur. Saya? Cuma pasang headset, dengerin musik, biasanya bawa novel tapi lupa. Gagal rencana buat motret keadaan sekitar karena nggak duduk di samping jendela. Memang manusia boleh berencana tapi orang-orang sekitar juga menentukan, hahaa :D

Pemandangan sesaat setelah dari Stasiun Tawang

Pemandangan dari dalam kereta

Senangnya saya kalau naik kereta api adalah tepat waktu. Pukul 11.30 kereta sudah sampai di Stasiun Solo Balapan. Saatnya turun dan melanjutkan perjalanan berikutnya…
Eh tapi perjalanan akhir dari KA. Kalijaga sampai di Stasiun Purwosari ya!



Sayangnya, dalam satu hari KA Kalijaga dari Stasiun Poncol – Purwosari dan sebaliknya hanya beroperasi 1 kali.  Terpaksa deh pulang ke Semarang naik bus. Gak apa-apa, sekali-kali luar kota naik bus nggak pakai motor mulu :D

Sumber: Twitter @KeretaJogja

Karena KA Kalijaga merupakan kereta lokal, jadi pembelian tiket tidak bisa online dan hanya dilayani di stasiun-stasiun yang disinggahi saja.

Jadi, pernahkah kalian sekedar kurang kerjaan coba-coba naik kereta api karena murah?



UPDATE!!!
22 Januari 2017

Setelah sebelumnya PT. KAI menerapkan tiket terbaru berwarna orange, dimana setiap penumpang kereta api diwajibkan untuk melakukan check in sebelum masuk ke peron. Kini tiket untuk kereta lokal KA. Kalijaga tujuan Semarang Poncol – Purwosari PP baru lagi.


Penumpang yang ingin memesan beberapa hari sebelumnya masih diperbolehkan. Keuntungannya bisa pilih tempat duduk semaunya. Kalaupun beli tiket langsung pas hari keberangkatan juga bisa, tapi sistemnya otomatis jadi nggak bisa pilih tempat duduk sesuka hati.

53 komentar:

  1. Wah masih ada toh tiket murah begini, andai tiket jakarta malang juga 10 rb hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya mah mau juga kalau semurah itu mbak, hehee...

      Hapus
  2. Weleh - weleh mbak, murah banget itu, dibandingkan naik motor tak rasa malah lebih murah pakai kereta. Nggak takut tuh mbak pergi sendirian, ntar di gondol kucing kepala hitam lho, hahahaha pizzz

    BalasHapus
    Balasan
    1. Udah biasa jalan sendiri mas, lebih enak :D

      Hapus
  3. Duduknya boleh disembarang tempat ya gk harus sesuai nomor kursi ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sesuai nomor kursi, mbak. Di gerbongnya nanti diperiksa sama petugas. Ramai soalnya yang naik, apalagi kalau weekend.

      Hapus
  4. Kl berangkat dihari itu, beli tiketnya dihari itu juga ya? Atau bisa pesen sehari sebelum pembrangkatan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau nggak salah, tiket bisa dipesan H-7 sebelum keberangkatan kak. Langsung di loket stasiun, nggak bisa online.

      Hapus
  5. kak, itu turunnya di solo balapan ya engga dipurwosari ya kak...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa turun di Solo Balapan, terakhir di Purwosari.
      Keretanya berhenti di 2 stasiun tersebut.

      Hapus
    2. maaf kak, mau tanya ni tiketnya belinya lewat online apa langung di stasiun ya kak, dan jam pelayanannya jam berapa aja ni kak, makasih

      Hapus
    3. Cuma bisa dibeli di stasiun, nggak bisa online kak.
      Kalau pemesanan bisa 7 hari sebelum keberangkatan, biasanya loket pemesanan buka jam 9-15. Kalau beli langsung pas hari keberangkatan juga bisa kak.

      Hapus
    4. Makasih dek infonya sgt berguna tp sayangg bgt ga bisa beli OL. Cek jadwal OL jg gak bisa hiks. Salam.

      Hapus
  6. kl di stasiun poncol ada gak untuk parkir motor yg menginap tarif murah.. krn ditinggal kesolo beberapa hari

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah kalo parkir inap berhari-hari saya kurang paham. Saya pernah parkir 24 jam bayar 8rb, mungkin kelipatannya brp hari gitu, mungkin lho..

      Hapus
  7. Berarri gag bisa di pesen lewat indomaret ya kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nggak bisa kak, harus ke loket stasiun yg disinggahi kereta tersebut.

      Hapus
  8. Sampe sekarang masih semurah itu kah atau udah brubah?

    BalasHapus
  9. stasiunnya poncol/tawang bisa semua kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa dari poncol. Bisa dari tawang.

      Hapus
  10. Kak keretanya masih operasi kan ya kak? Aku barusan cek di web kai masa ga ada katanya. Tapi kata temenku emang bisanya langsung di stasiun nya. Gitu ya kak? Jadi aku tinggal dateng aja ke stasiun? Takut kalo ternyata keretanya udah gak operasi gituuu huhu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu kereta lokal, jadi beli tiketnya langsung di stasiun yg disinggahi. Tidak tersedia online.

      Hapus
  11. Kak mau nanya itu kereta emang bner 1 hari cuma sekali doang ya perjalanannya? Saya mau liburan ke semarang dr yogya. Baliknya bingung ini haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, sehari cuma ada 1 kali perjalanan.
      Baliknya bisa naik bus atau travel banyak kak :D

      Hapus
  12. Dalam 1 hari cm 1x operasi itu jam brp ya ka dr smg?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dari Semarang Poncol jam 08.45

      Hapus
  13. Siang, saya mau tanya, tiket semarang solol hanya bisa beli distatiun y, bisa dari jakarta belinya? Maksdnya beli dari statiun jakarta. Apa harus beli di st. Semarang?. Trims - Nia

    BalasHapus
    Balasan
    1. Karena kereta lokal, jadi tiket hanya bisa dibeli di Semarang Poncol, Tawang , dan stasiun2 yg disinggahi.
      Dari Jakarta / online tidak bisa.

      Hapus
    2. Klo mau beli tiket di tempat dari solo gmna mbak??
      Kan pelayanan tiket jam 9, sedangkan keberangkatan dari solo balapan jam 5.30

      Hapus
    3. Saya pernah beli tiket kereta kalijaga untuk keberangkatan hari yang sama di stasiun solo balapan. Waktu itu beli di tiket counter jam setengah 5 pagi. Untuk lebih amannya pesan dari hari sebelumnya saja, kan bisa dipesan seminggu sebelumnya.

      Hapus
  14. Nyaman dan lebih murah daripada naik bus...

    BalasHapus
  15. Ka Kalijaga udah gk bisa di boking online lgi ya mba? Mana kereta saya tujuan solo,dan langsung mau naik kereta ka. Kalijaga ke s.kedung jati.buat mudik lebaran nanti masa harus naik bus kalo beli pas hari H udah pasti gk kebagian posisi saya di Jakarta.

    BalasHapus
    Balasan
    1. KA. Kalijaga masuknya kereta lokal kak. Dari dulu juga ga bisa beli tiket online, langsung beli di stasiunnya kak.

      Hapus
  16. kalo solo - semarang beli tiketnya di stasiun mana aja ya?

    BalasHapus
  17. Kak mau tanya kalo dari arah solo - semarang pembelian tiket KA Kalijaga dapat dilakukan di stasiun solo mana ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Purwosari atau Solo Balapan bisa

      Hapus
  18. Mbak mau tanya berarti kalau dari solo-semarang harus naik bus/travel ya? Kalau bisa recomended bus/travel dengan harga terjangkau dimana ya soalnya baru pertama kali mau ke solo makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Solo - Semarang bisa naik KA Kalijaga tapi jadwalnya pagi.
      Kalau bus biasanya saya naik Sugeng Rahayu 18rb atau Royal Safari 25rb. Travel mahal, joglosemar 75rb.

      Hapus
  19. Kak, mau nanya klo dari solo ke semarang naik bus nya dari mana ya? Info terbaru kyknya skrg kereta kalijaga turunnya di solo balapan, bukan purwosari lagi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dari terminal tirtonadi bisa, deket kok terminalnya kalo sama stasiun solo balapan.
      Atau di Kerten, sebelahnya Solo Square Mall.

      Hapus
  20. Stamformasi KA kalijaga pakai lok Cc201, CC 203, atau CC206 mbak?
    Berapa K3 satu rangkaian?

    BalasHapus
  21. hari libur loket melayani pembelian nggak ya mba

    BalasHapus
  22. Kak dari solo balapan sampai terminal tirtonadi nya naik angkot aps kak?

    BalasHapus
  23. Mbak bisa gak ke semarangponcol tapi naiknya dari Salem?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dari Stasiun Salem bisa. Jadwal keberangkatannya bisa di cek lagi mas, per 1 April 2017 sudah ada Gapeka baru.

      Hapus
  24. Klo mau beli tiket di tempat dari solo gmna mbak??
    Kan pelayanan tiket jam 9, sedangkan keberangkatan dari solo balapan jam 5.30?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setahu saya loket di stasiun untuk keberangkatan hari H buka jam 04.00 pagi.
      Yang buka jam 09.00 itu untuk loket pemesanan.

      Hapus
    2. Wah ngebantu bgt. Rencana besok mau d praktekinšŸ˜‚ makasih mbk cantik

      Hapus
  25. Mbak tiketnya bulan september 2017 masih gak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sisa tiket bisa dilihat di masing-masing stasiun keberangkatan. Bisa dipesan mulai H-7 sebelum keberangkatan.

      Hapus
  26. Masih om, saya kemarin beli buat tgl 3/9. Harga 10.000.

    BalasHapus

Blogger yang baik selalu meninggalkan jejak.
Terima kasih dan selamat datang kembali :)