Senin, 18 April 2016

Festival Buku Murah Semarang 2016


Festival Buku Murah Semarang 2016 ‘Orang Hebat Gemar Membaca’ merupakan sebuah acara yang diselenggarakan oleh Perpustakaan Kota Semarang dalam rangka memperingati HUT ke-469 Kota Semarang. Digelar pada tanggal 6 – 12 April 2016 dan berlokasi di Gedung Wanita, Jalan Sriwijaya 29 Semarang. 

Adanya tulisan besar ‘Orang Hebat Gemar Membaca’ di ujung timur, menjadi icon yang menarik dari festival buku murah kali ini. Tidak sedikit orang yang ber-selfie di depan icon tersebut.


Memasuki gedung, pengunjung disambut oleh gambar Gatotkaca yang sedang membawa tumpukan buku.


Dibaliknya ada semacam ‘wall of fame’ yang memuat gambar serta penjelasan tokoh-tokoh nasional. Seperti Ir. Soekarno, Pramoedya Ananta Toer, RA. Kartini, WS. Rendra, dan masih banyak yang lainnya. Para pengunjung bisa foto narsis di depan sini dan upload di instagram untuk mengikuti kuis berhadiah.


Nah, memasuki ruang pameran buku nih. Dikutip dari suaramerdeka.com pameran ini diikuti oleh 200 penerbit nasional dan 54 stand. Stand paling luas ditempati Diva Press yang membawa banyak novel fiksi dengan harga yang ramah di kantong (sumpah, ini bukan endorse). Beberapa penerbit yang lain yaitu Bentang Pustaka, bahkan Gramedia Jalan Pemuda Semarang juga turut serta memeriahkan Festival Buku Murah Semarang 2016 ini.


Tak hanya fiksi saja, banyak juga stand yang menyediakan buku-buku lain yang bermanfaat seperti aneka kamus, buku persiapan ujian, buku latihan TOEFL, TOEIC, dan masih banyak macam yang lainnya.

Selain pameran buku yang tentu saja ada diskonnya, adapun banyak acara menarik yang sayang untuk dilewatkan.

Salah satu bagian dari rangkaian kegiatan Festival Buku Murah Semarang 2016 yang saya ikuti adalah Semarang Book Exchange. Kegiatan ini adalah kali kedua yang diselenggarakan oleh Kantor Perpustakaan dan Arsip Kota Semarang, setelah sebelumnya sukses di tahun 2015.

Saya menitipkan 10 buku bacaan ke Kantor Perpustakaan dan Arsip Kota Semarang, Jalan Pemuda Semarang pada tanggal 5 April 2016. Alhamdulillah dapat free souvenir berupa kaos Semarang Book Exchange (walaupun kegedean banget), stiker, dan kupon penukaran.


Minggu, 10 April 2016 para peserta Semarang Book Exchange bisa mengambil buku sebanyak yang ia titipkan sebelumnya. Kalau saya titip 10 buku, ya ambil 10 buku juga. Alhamdulillah lagi dapat free buku agenda dan pulpen.

Suasana Semarang Book Exchange 2016

Kegiatan ini diselenggarakan setiap setahun sekali saat acara Festival Buku Murah Semarang bulan April. Semoga di waktu yang akan datang kegiatan ini terus berjalan karena banyak manfaatnya. Amiin.

Nah, kalau Minggu pagi berburu buku di Semarang Book Exchange, sorenya jumpa penulis dan artis buku. Hadir di Gedung Wanita seorang penulis yang sudah menerbitkan banyak buku. Salah satu buku yang saya punya adalah “Beb, aku sakau” dan penulisnya adalah Moammar Emka. Beliau datang bersama seorang penulis “Hai, luka” dan perempuan ini adalah artis sinetron Anak Jalanan yang lagi hits di TV-TV itu lho, Mezty Mez (saya mah ga tau, ga pernah nonton TV :D)


Mezty Mez nyanyi

Adapun beberapa lomba yang bisa diikuti oleh masyarakat, berdasarkan kategori-kategori yang telah disediakan. Diantaranya yaitu lomba mewarnai, lomba menggambar, lomba dongeng, dance competition, dan lain-lain. Pemenangnya akan diberi hadiah pada saat upacara penutupan tanggal 12 April 2016.

Lomba mewarnai gambar

Lomba dongeng

Dance Competition

Beberapa komunitas juga turut serta memeriahkan Festival Buku Murah Semarang. Diantaranya yaitu komunitas reptile Saigon region Semarang dan penampilan apik Asikustik.



Menariknya lagi, acara ini free HTM alias gratis masuk bagi para pengunjung Festival Buku Murah Semarang 2016. Kalau parkir kendaraan ya bayar, apalagi jajan :D

Belum sempat berkunjung ke Festival Buku Murah Semarang 2016?
Jangan khawatir, Insya Allah acara ini rutin diselenggarakan setahun dua kali pada bulan April dan November.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Blogger yang baik selalu meninggalkan jejak.
Terima kasih dan selamat datang kembali :)