Selasa, 01 Desember 2015

Pesta Semarang Sejuta Buku 2015


Pesta Semarang Sejuta Buku adalah acara tahunan yang digelar oleh Kantor Perpustakaan dan Arsip Kota Semarang. Pameran buku ini sudah berlangsung sejak 27 November kemarin hingga 3 Desember 2015 yang akan datang. Berlokasi di Gedung Wanita, Jalan Sriwijaya 29 Semarang.  Tentu saja banyak acara-acara menarik lainnya, tidak hanya wisata buku saja.


Yang belum tahu rute menuju Gedung Wanita Semarang, mari saya tunjukkan:
Jika dari Lapangan Simpang Lima Semarang, ambil arah ke selatan menuju Jalan Pahlawan. Sampai di perempatan traffic light depan Polda Jateng. Belok kiri menuju Jalan Sriwijaya. Gedung Wanita berada di kanan jalan (setelah Wonderia, Taman Budaya Raden Saleh, dan Perpustakaan Wilayah) atau sekitar 1 km dari perempatan Polda Jateng.

Dengan mengusung tema “Keabadian Ilmu dalam Buku” diharapkan meningkatkan minat baca masyarakat. Gratis masuknya lho, kalau parkir sama beli buku ya bayar! Hahaa :D


Banyak sekali buku-buku yang dijual di sini. Mulai dari buku pelajaran, buku anak-anak, ilmu pengetahuan, keagamaan, novel, serta masih banyak lagi lainnya. Tentu saja dengan varian harga yang beragam pula.




Cara penerbit menggaet calon pembelinya, salah satunya dengan menghadirkan diskon dan promo menarik. Selain menggantungkan daftar harga di setiap kumpulan buku, saya melihat ada tulisan-tulisan menarik seperti di bawah ini:



Selain stand buku, tersedia juga stand yang menjual gamis dan kerudung untuk muslim serta jasa sketsa wajah, karikatur, siluet.



Adapun stand dari Kantor Perpustakaan dan Arsip Kota Semarang dan yang menarik lagi adalah stand dari Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Jawa Tengah. Di stand itu, pengunjung bisa mengetahui bermacam-macam jenis narkoba dan alat-alat yang biasa dipakai untuk mengkonsumsinya. Setiap benda sudah ada namanya. Ini adalah salah satu cara BNNP Jawa Tengah menyampaikan tentang bahaya narkoba.


Di ujung barat dekat stand BNNP Jawa Tengah ada semacam pohon kertas. Tulis di kertas yang telah disediakan dan gantungkan harapanmu di pohon ini.


Adapun yang berbeda dari pameran buku kali ini, yaitu:
·         Panggung utama Pesta Semarang Sejuta Buku 2015 yang biasanya menghadap ke utara, kini menghadap ke selatan. Tepat berhadap-hadapan dengan pintu masuk menuju Gedung Wanita.


·         Ingin selfie untuk menunjukkan “Ini lho, saya sudah ke Pesta Semarang Sejuta Buku 2015”. Ada lho background-nya yang kece.


·         Studio Foto Trick Eye 3D yang diletakkan di panggung Gedung Wanita. Ini baru pertama kalinya saya lihat di pameran buku Gedung Wanita Semarang, tahun-tahun yang lalu belum ada. Mungkin wahana ini akan menarik untuk anak-anak muda kekinian yang hobi selfie atau wefie, hehee :D
*maaf nggak ada fotonya karena dikejar-kejar hujan yang akan mengguyur Kota Semarang*

Setelah muter-muter hunting buku yang diminati, pastinya capek kan? Nggak usah bingung karena di halaman Gedung Wanita ada yang jual makanan dan minuman. Lumayanlah untuk mengusir lapar dan dahaga.


Jadi, tunggu apalagi? Yuk wisata ke Pesta Semarang Sejuta Buku 2015. Mumpung belum berakhir lho!

1 komentar:

  1. buku soal-soal persiapan ujian sekolah itu, klo pas di toko buku harganya bisa 70rb ke atas, tp klo dah di pameran gini bisa turun jd cm 30rb. Sebagai yg pernah ikut nimbrung nerbitin buku kyk gitu, kadang ada perasaan gimanaaa gitu...

    BalasHapus

Blogger yang baik selalu meninggalkan jejak.
Terima kasih dan selamat datang kembali :)