Rabu, 18 November 2015

Happy - November - Rain


“Somewhere between October and December, I always have my own special month called remember”

Laju kendaraan dengan gagah membelah Gunung Merbabu di utara dan Gunung Merapi di selatan. Perjalanan ini berpangkal dari Kota Boyolali, dengan kontur jalan yang sangat tidak manusiawi. Ah, saya hanya perempuan biasa pengendara motor matic.

Tempias gerimis semakin memberondong. Entah di kelokan keberapa puluh, derasnya hujan mengiringi perjalanan saya menuju Candi Ngawen, tidak cukup terkenal daripada Candi Borobudur. Rintik gerimis masih menaungi langit kabupaten Magelang, rerumputan di kompleks candi hijau basah sepanjang mata memandang. Hujan ini menyegarkan.



Sambil memandang takjub bangunan pada zaman Kerajaan Mataram Kuno, ditemani bapak penjaga, beliau memberikan informasi tentang beberapa candi yang ada di Kabupaten Magelang. Seketika mata saya berbinar. Wah, ternyata Kabupaten Magelang tidak kalah menarik dibandingkan Jogjakarta.


Di Minggu kedua bulan November, hujan ini membawa kabar baik. Saya sebelumnya tidak tertarik belajar sejarah. Jangan tanyakan tentang kalamakara, kinara-kinari, atau jaladwara. Karena saya baru mengenal istilah itu setelah mengetahui sendiri ‘oh ini yang namanya yoni?’

Bersamaan dengan hujan yang mulai reda, hatiku mengembang. Perjalanan ini tidak hanya menguras tenaga, tetapi sebuah pembelajaran. Bahwa bahagia tidak melulu tentang canda tawa. Sebenar-benarnya kebahagiaan adalah perihal kepuasan batinmu.


Tulisan ini diikutsertakan Giveaway November Rain presented by Keina Tralala

https://keinatralala.wordpress.com/2015/11/06/keina-tralala-second-birthday-giveaway/

4 komentar:

  1. Aku mulai belajar candi sekitar tahun 2008, pas akhir2 masa kuliah karena "keasyikan" motret candi-candi di Jogja-Jateng.

    Sekarang Candi Ngawen udah ada bangkunya ya. Tapi emang taman di Candi Ngawen itu yang paling asri sih menurutku.

    BalasHapus
  2. Aku malah belum pernah ke candi ini :-(

    BalasHapus
  3. Wih, jadi pengen ngeliat candi-candi di Magelang:33

    BalasHapus
  4. suatu saat saya ingin ke candi Ngawen. Makasih infonya

    BalasHapus

Blogger yang baik selalu meninggalkan jejak.
Terima kasih dan selamat datang kembali :)