Rabu, 16 Desember 2015

Pameran Alutsista Memperingati Hari Juang Kartika


Dalam rangka memperingati Hari Juang Kartika yang jatuh pada tanggal 15 Desember 2015, Kodam IV / Diponegoro menggelar pameran alutsista. Apa itu alutsista? Alutsista adalah kepanjangan dari alat utama sistem pertahanan.
Pameran ini digelar selama 4 hari berturut-turut sejak tanggal 13 – 16 Desember 2015 bertempat di halaman Museum Mandala Bhakti, Tugu Muda, Semarang.


Pameran ini bertujuan untuk mengenalkan beraneka macam alat-alat sistem pertahanan TNI AD kepada masyarakat. Tak hanya tank, kendaraan tempur, beraneka ragam senjata api laras panjang, tetapi ada pula yang memamerkan seragam kesatuannya masing-masing.


Pameran ini diikuti oleh berbagai kesatuan di bawah Kodam IV Diponegoro. Diantaranya:

·         Ajendam IV / Diponegoro


·         Akademi Militer (Akmil)


·         Pomdam IV / Diponegoro


·         Bekangdam IV / Diponegoro


Landing Craft Rubber Silinger

·         Paldam IV / Diponegoro


·         Grup-2 Kopassus



·         Batalyon Arhanudse 15


Meriam 57 MM S 60

·         Batalyon Armed 3 / 105 TRK Naga Pakca


·         Yonzipur IV / TK


·         Kavaleri Kodam IV / Diponegoro


·         Yonif 400 / Raider



·         Hubdam IV / Diponegoro


·         Kesehatan Kodam IV / Diponegoro


·         Topdam IV / Diponegoro


GPS Geodetic & Tugu Batas RI - Malaysia Type B

·         Pendam IV / Diponegoro


·         Pusdik Penerbad


Hughes 300C


Menariknya, pengunjung tidak hanya melihat saja, bahkan diperbolehkan menaiki kendaraan-kendaraan yang dipamerkan. Tidak sedikit pula yang ber-selfie ria di depan kendaraan tempur. Penjaga stand pun dengan ramahnya ada yang berfoto bersama pengunjung.



Bagaimanakah suasana pengunjungnya? Sangat ramai.
Dari pagi hingga malam hari banyak masyarakat umum yang antusias menyaksikan pameran Alutsista. Adapun anak-anak sekolah dari SMA, SMP, SD, hingga TK memadati halaman Museum Mandala Bhakti.

Belum sah kalau belum ada foto diri sendiri :D

Adapun panggung hiburan yang turut memeriahkan pameran Alutsista. Seperti pada hari Selasa (15/12/2015) ada sebuah band dari TNI menyanyikan lagu-lagu seperti Aduhai – Camelia Malik, Pupus – Dewa 19. Kok lagunya Bahasa Indonesia semua? Iya, karena TNI singkatan dari Tentara Negara Indonesia, bukan Inggris :D
Tetapi akhirnya menyanyikan Welcome to My Paradise – Steven and Coconut Treez sesuai request anak-anak SMP yang menonton.


Museum Mandala Bhakti (yang biasanya sangat sepi) turut ramai oleh pengunjung yang menyempatkan diri menyusuri museum. Saya pun tak kalah tertariknya. Tentang Museum Mandala Bhakti di posting selanjutnya ya…

“Melalui Hari Juang Kartika, kita mantapkan jatidiri TNI AD dan kemanunggalan TNI rakyat guna mewujudkan Indonesia yang berdaulat, mandiri, dan berkepribadian.”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Blogger yang baik selalu meninggalkan jejak.
Terima kasih dan selamat datang kembali :)