Minggu, 13 September 2015

"Umbrella Reborn" - Festival Payung Indonesia 2015


Puluhan payung yang dipasang hampir seluruh ruang terbuka Taman Balekambang menandai adanya Festival Payung Indonesia (FPI) di Kota Solo. Diselenggarakan pada 11 – 13 September 2015 dengan mengusung tema “Umbrella Reborn”, payung lahir kembali dalam kebaruan artistik visual.


Hari itu, Minggu, 13 September 2015 banyak sekali pengunjung yang memadati kawasan Taman Balekambang. Tak terelakkan pula jika arus lalu lintas menjadi sangat macet. Sungguh antusiasme yang besar terhadap acara Festival Payung Indonesia.

Memasuki gerbang Taman Balekambang, pengunjung sudah disuguhi aneka payung dan kerangka berwarna-warni yang seolah melayang-layang di langit. Menarik dan tentu saja langsung menjadi spot ber-selfie ria para pengunjung.




Tidak hanya itu, ornamen payung dan ornamen patung dari bambu juga dipasang di berbagai sudut Taman Balekambang.



Di bagian lain di sisi barat, juga ada kerangka payung raksasa dengan tinggi lebih dari lima meter. Di atasnya dipasang puluhan payung kecil berwarna-warni. Banyak orang yang ingin berfoto-foto di tempat ini, hingga ada yang berusaha naik di bawah ke tempat duduk dari bambu di bawah payung-payung kecil itu.


Tersebar pula beberapa foto jumbo serta kerajinan payung dalam potret segi empat di dekat kerangka payung raksasa. Foto-foto itu juga bertema tentang payung dan manfaatnya untuk manusia.



Kebetulan, sewaktu saya ke sana ada pertunjukan tari di panggung. Entah menarikan apa atau berasal dari mana, saya juga kurang paham. Heheee..


Selain tempat-tempat yang ‘instagram-able’ ada juga workshop dari beberapa sentra payung. Di antaranya yaitu Juwiring di Klaten, Kalibagor di Banyumas, Tasikmalaya, dan beberapa daerah lain di Indonesia. Bahan untuk membuat payung pun bermacam-macam. Ada yang menggunakan payung lukis dari kain, payung kertas, hingga payung rajut.



Sudah puas berjalan di sekeliling payung-payung berwana-warni, saatnya memanjakan mata di hamparan kolam yang airnya berwarna hijau lumut. Di sini, pengunjung bisa menyewa bebek air. Ada yang menaikinya 2 orang, 4 orang, hingga rombongan.

Paling sudut, terdapat Taman Reptil Balekambang. Eits, tapi nggak akan saya bahas di sini. lain kali ya, nunggu update selanjutnya :)
Harapannya semoga acara Festival Payung Indonesia masih akan terus diselenggarakan di tahun-tahun yang akan datang dan lebih meriah lagi dengan beragam acara-acara yang bermanfaat.


1 komentar:

  1. ▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬ஜ۩۞۩ஜ▬▬▬▬▬▬▬▬▬
    Baru tau ada festival ini di Indonesia, kebudayaan negara ini memang benar-benar kaya.
    ▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬ஜ۩۞۩ஜ▬▬▬▬▬▬▬▬▬

    BalasHapus

Blogger yang baik selalu meninggalkan jejak.
Terima kasih dan selamat datang kembali :)