Senin, 14 September 2015

Berwisata Kegunungapian di Ketep Pass


Hari ini (13 September 2015) adalah kunjungan kedua saya ke Ketep Pass, sebelumnya ke sini sekitar musim hujan tahun lalu. Ketep Pass adalah sebuah objek wisata yang berada di desa Ketep, kecamatan Sawangan, kabupaten Magelang. Lokasi ini berada di puncak Bukit Sawangan (pertengahan antara gunung Merapi dan Gunung Merbabu).

Wisata Ketep Pass yang berada di kawasan Solo – Selo – Boyolali (SSB) diresmikan pada tanggal 17 Oktober 2002 oleh Ibu Megawati Soekarnoputri, yang menjabat Presiden RI pada saat itu.

Batu Peresmian

Patung Garuda


Untuk mengunjungi Ketep pass, saya mengambil jalur dari Salatiga kea rah Kopeng. Gila! Rute ini bikin pengen nangis karena selain jauuuuuh sekali juga medannya berkelok-kelok naik-turun ekstrim. Belum lagi jalan yang sempit dan antri di antara truk-truk bermuatan berat. Hampir miriplah sama jalur Bandungan / Candi Gedong Songo dalam versi lebih jauh. Saran saya, gunakanlah kendaraan yang sangat sehat dan isi bensin full tank. Bukannya menakut-nakuti, cuma berbagi pengalaman saja. Hehee. 

Sejauh Mata Memandang

Di sekitar objek wisata Ketep Pass banyak warung-warung yang menjual jagung bakar. Pemandangannya hampir mirip dengan Bukit Bintang di Gunung Kidul, Yogyakarta. Tak jauh dari Ketep Pass juga ada wisata petik buah strawberry.

Untuk memasuki area Ketep Pass, pengunjung diwajibkan membayar tiket masuk sebesar Rp 7.500 / orang dan parkir roda dua sebesar Rp 2.000. di Ketep Pass sendiri sudah dilengkapi area parkir yang luas.


Ada apa aja sih di Ketep Pass?


Jika kalian beruntung, Gunung Merapi dan Gunung Merbabu bisa terlihat dari Ketep Pass. Silakan langkahkan kaki menuju Gardu Pandang yang terletak di atas. Terdapat teropong yang bisa disewa juga, lho. Tak jauh dari sana, terdapat gazebo yang bisa digunakan untuk beristirahat sambil menikmati hijaunya alam di sekitar. Saya dua kali ke sini dan pada kunjungan kedua-duanya tidak beruntung menyaksikan gagahnya Merapi dan Merbabu yang tidak tertutup awan dan kabut.

Gardu Pandang

Gazebo

Selain memandang alam sekitar, pada jam-jam tertentu pengunjung bisa menyaksikan sebuah film dokumenter tentang aktivitas Gunung Merapi di Ketep Volcano Theatre. Tentu saja dengan membayar tiket lagi. Bangunan di atasnya adalah sebuah restoran.
Menurut saya, bangunan di sini sangat unik. Seperti saling sambung-menyambung.


Selain Ketep Volcano Theatre juga ada Ketep Volcano Center. Semacam museum vulcanologi yang di dalamnya terdapat miniatur Gunung Merapi, dokumen tentang kegunungapian, serta contoh batuan bukti letusan dari tahun ke tahun.

Miniatur Gunung Merapi

Poster Puncak Garuda Gunung Merapi beserta teman-teman saya :D


Yang terakhir adalah Pelataran Panca Arga yang artinya lima gunung. Pelataran Panca Arga berada di puncak tertinggi objek wisata Ketep Pass. Menurut informasi, dari tempat ini pengunjung bisa menyaksikan lima gunung sekaligus yaitu Gunung Merapi, Gunung Merbabu, Gunung Slamet, Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing (tentu saja jika cuaca mendukung).
Di pelataran dibangun semacam kotak yang menunjukkan arah dimana misalnya Gunung Merapi berada, beserta ketinggiannya.




Jika kalian mengunjung Kota Magelang atau berwisata di Kopeng, nggak ada salahnya lho mampir Ketep Pass.

2 komentar:

  1. Di bawahnya ketep pass ada air terjunnya loh. Tapi ya lumayan jauh heee

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas, kedung kayang kan ya :D

      Hapus

Blogger yang baik selalu meninggalkan jejak.
Terima kasih dan selamat datang kembali :)