Kamis, 12 Desember 2013

Day 5 : Welcome to Semarang

Hello guys.. masih semangat buat tantangan kelima? Okay.. aku siap.
Sesuai target, pada hari kelima kali ini aku akan membagikan informasi mengenai daerah tempat tinggalku, sekaligus tanah kelahiranku. Tak lain dan tak bukan adalah kota Semarang.
Let’s check..

Kota Semarang adalah ibukota provinsi Jawa Tengah. Kota yang terkenal dengan kuliner lumpia dan bandeng presto, merupakan kota terbesar kelima setelah Jakarta, Surabaya, Bandung dan Medan. Selain itu, apa aja sih yang ada di Semarang? Banyak.

1.    Masjid Agung Jawa Tengah


MAJT terletak di Jalan Gajah Raya, kelurahan Sambirejo, kecamatan Gayamsari, kota Semarang. Luasnya mencapai 10 hektar, dibangun sebagai tempat ibadah sekaligus tempat wisata religious. Daya tarik lainnya adalah menara Al Husna yang tingginya 99 meter. Bagian dasar dari menara ini terdapat Studio Radio Dais (Dakwah Islam). Sedangkan di lantai 2 dan lantai 3 digunakan sebagai Museum Kebudayaan Islam, dan di lantai 18 terdapat Kafe Muslim yang dapat berputar 360 derajat. Lantai 19 untuk menara pandang, dilengkapi 5 teropong yang bisa digunakan untuk melihat kota Semarang.

2.    Simpang Lima


Sebuah lapangan yang berada di pusat kota Semarang, yang dikenal juga dengan nama lapangan Pancasila. Kenapa disebut Simpang Lima? Karena lapangan ini merupakan pertemuan dari lima jalan yang menyatu, yaitu Jl. Pandanaran, Jl. Pahlawan, Jl.Gajah Mada, Jl. Ahmad Yani, dan Jl. A. Dahlan. Di sekelilingnya berdiri hotel-hotel berbintang dan mall.
Pada hari Minggu pagi, kawasan Simpang Lima ini padat pengunjung yang olahraga, jalan-jalan, atau sekedar wisata kuliner dalam acara Car Free Day (CFD). Dan pada malam hari, adapun yang menyewakan sepeda gandeng untuk mengelilingi lapangan Simpang Lima.
Sebagai pusat kota, tak heran kalau lapangan Simpang Lima digunakan untuk penyelenggaraan konser musik.

3.    Tugu Muda


Tugu Muda adalah sebuah monument yang dibangun untuk mengenang jasa para pahlawan dalam pertempuran lima hari di Semarang pada 14-19 Oktober 1945. Letaknya tak jauh dari lapangan Simpang Lima dengan melewati pusat oleh-oleh yang terletak di Jl. Pandanaran.
Pada malam hari (khususnya malam Minggu) Tugu Muda ramai dikunjungi para muda-mudi yang sekedar nongkrong bersama rekannya. Ya, karena di sekeliling tugu ini dibangun sebuah taman yang lengkap dengan ornamennya seperti air mancur, lampu-lampu, dan duplikasi senjata bambu runcing. Adapun di sekeliling kawasan Tugu Muda terdapat bangunan Lawang Sewu yang menjadi ikon kota Semarang.

4.    Pantai Marina


Anda penggemar wisata pantai? Di kota Semarang ada 2 pantai yang cukup terkenal. *Terkenal di dalam kota aja sih, hehee.* Salah satunya pantai Marina yang terletak di bagian utara kota Semarang, tepatnya bersebelahan dengan PRPP dan Maerokoco. Untuk sampai ke pantai ini, Anda bisa menempuh perjalanan melewati jalan arteri Yos Sudarso atau melewati Puri Anjasmoro. Di pantai ini, pengunjung bisa naik perahu keliling pantai, memancing, atau beristirahat sambil menikmati keindahan pantai. Mau cari pasir pantai (seperti halnya pantai Parangtritis) disini? Jangan. Karena dipastikan nggak ada. Hehee.

5.    PRPP


Pekan Raya dan Promosi Pembangunan / PRPP adalah kawasan di sekitar Puri Anjasmoro yang biasa digunakan sebagai tempat pameran, diantaranya pameran usaha perdagangan, industri, dan kerajinan. Tiap setahun sekali, PRPP digunakan untuk menggelar acara Jateng Fair (biasanya dibuka 1 bulan sebelum puasa Ramadhan). Konsep acaranya pun berbeda pada tiap tahunnya.

6.    Water Blaster


Water Blaster adalah tempat wisata air yang sangat cocok sebagai hiburan dikala penatnya aktivitas sehari-hari. Letaknya di Bukit Candi Golf Semarang. Dengan merogoh kantong dalam-dalam (karena tiketnya sangat menguras dompet) Anda bisa memasuki kawasan wisata ini sepuasnya. Adapun katalog diskon yang menawarkan harga tiket masuk sebesar 50% (cocok untuk yang beramai-ramai). Wahana permainannya pun menyenangkan sekaligus menegangkan. Excited deh pokoknya.

Ini adalah sebagian spot di kota Semarang, belum termasuk kabupaten Semarang yang menyimpan potensi wisata lho. Hmm.. Apakah Anda tertarik untuk mengunjungi kota Semarang?

Salam kenal :*


Ps : Postingan ini diikutkan dalam EmotionalFlutter 30 Days Blogging Challenge

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Blogger yang baik selalu meninggalkan jejak.
Terima kasih dan selamat datang kembali :)