Sabtu, 30 November 2013

[Review] "AKD Begins; When The Stories Begin!"

Judul Buku        : Anak Kos Dodol Begins
Penulis                 : Dewi Rieka Kustiantari
Penyunting       : fLo + Tka
Penerbit             : Gradien Mediatama
Tahun terbit    : 2013
Genre                   : Non-fiksi, komedi


Sebuah buku yang sudah jelas tentang anak kos. Apa sih suka dan duka jadi anak kos? Buku ini menjawab semuanya. Dibumbui dengan cerita konyol, gokil dari anak-anak kos Puri Cantika II - nama sebuah kos-kosan bercat pink yang berada di kota Jogja.



Perkenalkan, tokoh utama dodol yaitu Dedew. Pecinta grup band Padi yang anti pembajakan. Berkoar-koar sebagai warga Negara yang baik, tidak ikut-ikutan membeli lagu-lagu bajakan, tapi akhirnya terbujuk rayu penjual VCD. Dan akhirnya….. *eng ing enggg* tertipu kepingan VCD yang video klipnya film biru *you know what I mean* bersoundtrack lagu Padi. Hahaa..

Ada cerita lain? Tentu.
Namanya anak kos ya, berinteraksi dengan banyak manusia, campur aduk dan pastinya rame (ga bakal patah hati berkelanjutan tuh). Nggak semua manusianya baik-baik. Ada juga lho yang pelit binti medit. Senengnya ya gini, kumpul-kumpul di ruang TV, belajar bareng, ngobrol di kamar temen se-kosan, atau bahkan di atap kos. Bergosip hore sampai pagi. Seru kayaknya *pasang muka pengen*

Dukanya? Ada juga.
Terlebih tanggal tua, jadi momok paling mengerikan. Jauh dari ortu, kiriman uang menipis. Makan 2 kali sehari sudah beruntung kali ya? Hehee :p

Dan cerita-cerita lainnya. Penasaran? Mending langsung ngacir cari bukunya aja deh. Apa? Cari? Ga modal banget. Beli dong! *padahal ini juga buku pinjaman dari temen #upss *ditoyor*

Mau lanjut? Boleh deh..
Jadi anak kos itu harus mandiri, ga cuma mengandalkan kiriman ortu. Nah, kalau tanggal tua gimana? Apa sih gunanya temen di kosan? Halaah. *kode mau minjem mi instan*
Kalau di buku ini nih, tentang Julia si business women (katanya seeeh) yang buka usaha roti bakar di kamarnya. Pasang harga diskon 15% khusus anak kos. Laris manis terbeli oleh eman-temannya. Dan setelah ditanya “panggangan roti punya siapa, Jul?” teng tong… Julia ga bisa jawab, karena ternyata panggangan rotinya menggunakan setrika butut. Huaaa gimana rasa roti bakarnya tuh? “Waduh, jadi kita makan roti bakar rasa celana dalam Julian dong!” komentar Sasha yang berbadan montok. Serbuuuu… Hihii dodolnya kebangetan yak? Amit-amit *elus-elus dada*

Kok ga ada cerita jatuh cintanya sih, secara kan remaja itu identik dengan taksir menaksir? Cieeeh.
Siapa bilang? Tenang aja. Novel ini lengkap kok, super dodol pokoknya. Ceritanya Dedew lagi naksir kakak kelas, pengurus ROHIS. Setelah dekat dekat dan dekat, akhirnya merasa tercium juga kedekatannya oleh pengurus ROHIS lainnya. Jadilah backstreet dengan seseorang bernama mas Bagus. Nah, disini ini nih yang aku merasa agak janggal. Tiba-tiba aja muncul nama mas Rafi pacaran sama Dedew. Eh ini siapa lagi mas Rafi? *mikir keras*

Tapi, secara keseluruhan cakep kok. Amazing. ‘Dodol’ enough. Suasana Jogja-nya kental banget. Pengen juga dong ke hutan wisata Kaliurang. Yuk yuk yuk *culik my besties T.N.P.A Hahaaa :p

I rate 4.5 / 5 stars Yeeeyyyy… *tepuk tangan buat mbak Dedew*
Ps : semoga tidak ketularan dodol #upsss

Mau ngobrol? Boleh follow @nhenie

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Blogger yang baik selalu meninggalkan jejak.
Terima kasih dan selamat datang kembali :)