Minggu, 29 Juli 2018

Klaten Lurik Carnival 2018


Tepat pada tanggal 28 Juli 2018, Kabupaten Klaten memperingati hari jadinya yang ke-214. Tema untuk tahun ini "Lathi, Ati, lan Pakarti Nyawiji Hambangun Klaten Kang Edi Peni" yang kira-kira artinya adalah dibutuhkan tutur kata, hati, dan bersatu melaksanakan pembangunan Klaten yang baik dan sejahtera.


Berbagai kegiatan diselenggarakan untuk memeriahkan Hari Jadi Kabupaten Klaten sekaligut HUT ke-73 Republik Indonesia diantaranya yaitu Klaten Lurik Carnival. Diikuti oleh 36 kontingen yang berasal dari 26 kecamatan di Kabupateb Klaten, BUMN, swasta, OPD, hingga pelajar.


Agenda tahunan ini diselenggarakan oleh Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda, dan Olahraga (Disparbudpora) Kabupaten Klaten. Diharapkan dengan adanya Klaten Lurik Carnival bisa mempromosikan potensi yang ada di Kabupaten Klaten — terutama kain lurik ke tingkat nasional bahkan internasional.





Masing-masing kontingen peserta Klaten Lurik Carnival menampilkan busana dari berbagam motif kain lurik. Tak hanya itu saja, di depan panggung kehormatan, sebanyak 36 kontingen secara giliran beradu kreasi menampilkan suguhan seni tari yang dipadukan dengan musik.



Rute Klaten Lurik Carnival tahun ini lebih pendek dibanding tahun-tahun sebelumnya. Bahkan saya rasa sangat pendek. Start awal dimulai dari simpang lima Plaza Klaten dan berakhir setelah tampil di panggung kehormatan yang berlokasi di depan RSPD Klaten, mungkin rute ini tak lebih dari 1 kilometer. Oleh karena rute yang sangat pendek tersebut, penonton berjejalan di kanan kiri sepanjang Jl. Pemuda Klaten.


Rute yang pendek ini meminimalisir adanya peserta nomor urut terakhir supaya tidak finish kemalaman. Tapi saya rasa kalau disiplin, tepat waktu, tidak akan terjadi hal tersebut. Contohnya saja di flyer tertulis event Klaten Lurik Carnival pukul 12.30 ternyata pukul 14.15 rombongan Bupati Klaten baru datang ke venue dooongg...


Dan peserta kontingen pertama baru diberangkatkan pukul 14.30. Dua jam lho kami para penonton terpanggang sinar matahari yang sedang terik-teriknya di sepanjang Jl. Pemuda Klaten.




Semoga Klaten Lurik Carnival tetap menjadi agenda rutin, makin meriah, dan tolong disiplin waktunya yaa... :D

2 komentar:

  1. Nyumbang info ya..
    Lurik berasal dari kata dalam bahasa Jawa"Lorek" yang berarti garis..

    Semoga bisa membantu

    BalasHapus
  2. seru banget klaten lurik carnival

    quester truck

    BalasHapus

Terima kasih dan selamat datang kembali :)