Minggu, 01 Oktober 2017

Mengenal Persenjataan TNI Melalui Pameran Alutsista


Sabtu sore, 30 September 2017 ketika saya melintas di bundaran Simpang Lima Semarang, banyak kendaraan tempur TNI terparkir di sepanjang sisi bundaran. Ternyata saat itu sedang berlangsung Pameran Alutsista (Alat Utama Sistem Persenjataan).


Dalam rangka memperingati HUT ke-72 TNI dan HUT ke-67 KODAM IV / Diponegoro tahun 2017, TNI menggelar Pameran Alutsista yang bertempat di Lapangan Pancasila, Simpang Lima, Semarang. Berlangsung selama 2 hari saja sejak 30 September 2017 hingga 1 Oktober 2017, pameran ini menyedot antusias masyarakat.

Sebanyak 21 peserta yang berasal dari satuan jajaran KODAM IV / Diponegoro seperti Penerbad, Akmil, Bekangdam, dan lain-lain menyemarakkan pameran dengan memamerkan sejumlah persenjataan andalan mereka di dalam stand-stand yang berdiri di Lapangan Pancasila.


Para pengunjung dapat berinteraksi langsung dengan para TNI yang menjaga stand. Adapun beberapa senjata yang bisa dipegang bahkan bisa digunakan sebagai properti berfoto. Mengambil gambar bersama para TNI pun diperbolehkan.


Salah satu stand yang paling dilirik oleh pengunjung adalah stand Penerbad / Flying Soldier. Selain memamerkan persenjataan, mereka turut membawa helikopter berkapasitas 2 orang. Hal ini pun menjadi spot foto ketika mengunjungi Pameran Alutsista di Lapangan Pancasila.


Adapun beberapa kendaraan yang dipamerkan kepada publik. Kendaraan-kendaraan tersebut tidak dimasukkan ke dalam lapangan, tetapi diparkir di sepanjang bundaran Simpang Lima Semarang. Kendaraan-kendaraan militer itu tak luput dari objek foto terutama anak-anak. Mereka sangat antusias menaiki kendaraan militer seperti tank dan lain-lain, sementara para orang tua mengabadikan momen.


Selain pameran, ada juga stand yang menyediakan pakaian, topi, hingga sepatu ala anggota TNI. Barang-barang tersebut dijual dengan harga dan kualitas yang bisa menarik pembeli.

Dengan Pameran Alutsista ini, diharapkan masyarakat bisa mengenal berbagai macam persenjataan yang digunakan untuk menjaga dan menpertahankan kedaulatan dan keutuhan NKRI. Serta lebih membuka wawasan bagi masyarakat mengenai TNI.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih dan selamat datang kembali :)