Senin, 25 September 2017

Festival Kota Lama 2017


Sejak tahun 2015, Kawasan Kota Lama Semarang masuk dalam tentative list UNESCO, yaitu nominasi daerah yang berpotensi menjadi Warisan Dunia (World Heritage). Dengan adanya predikat tersebut, Kota Lama diarahkan menjadi destinasi wisata Internasional.


Berbagai kegiatan diselenggarakan untuk menghidupkan kembali Kawasan Kota Lama Semarang. Tidak hanya penataan kawasan, revitalisasi bangunan cagar budaya, tetapi juga menjadikan Kota Lama sebagai spot lokasi beberapa event yang diselenggarakan di Semarang.

Festival Kota Lama merupakan event tahunan yang rutin diselenggarakan sejak tahun 2012. Tahun ini merupakan gelaran ke-6 Festival Kota Lama yang jatuh pada tanggal 23-24 September 2017. Terselenggara atas inisiasi Oen's Semarang Foundation (OSF) bekerjasama dengan stakeholder Kota Lama, rekan-rekan Kota Lama, dan beberapa komunitas domisili Belanda, serta masyarakat dan komunitas yang turut peduli dengan Kota Lama.


Seperti pada tahun sebelumnya, Festival Kota Lama 2017 dikonsentrasikan di area kolam retensi / Polder Tawang. Dengan tema "Sepanjang Jalan Kenangan" dalam Festival Kota Lama 2017, bersama seluruh masyarakat bersenang-senang di sepanjang jalan kenangan (Jl. Merak). Bernostalgia menikmati suasana Kota Lama tempo dulu.

Beragam acara bisa dinikmati oleh pengunjung Festival Kota Lama 2017

·         Pasar Sentiling, merupakan bazar kuliner, pernak-pernik tempo doeloe, dan berbagai produk dari UMKM dan hotel yang ikut mendukung Festival Kota Lama.

·         Exhibition dan talkshow, diselenggarakan di Gedung Samudera Indonesia.

·         Pameran mobil kuno. Beberapa mobil antik dipamerkan di area Festival Kota Lama.

·         Gala dinner. Pengunjung bisa menikmati dinner dengan nuansa tempo doeloe, menu tempo doeloe. Dengan tiket sebesar Rp 200.000,-

·         Berbagai hiburan seperti karawitan gamelan dan tari, line dance, show dance, hingga fashion on the street.

·         Bekerjasama dengan Bersukaria, pengunjung Festival Kota Lama 2017 bisa menjelajahi Kota Lama sambil belajar mengenai sejarah di dalamnya. Akan dipandu oleh tour guide yang ramah dan senantiasa sabar dalam menjelaskan satu per satu bangunan cagar budaya di Kawasan Kota Lama Semarang.

Hal ini menjadi angin segar bagi Festival Kota Lama karena setahu saya baru kali ini Festival Kota Lama bekerjasama untuk mengadakan walking tour.

Hal lainnya yang membedakan Festival Kota Lama 2017 dengan event serupa sebelumnya adalah setiap pengunjung yang memasuki gerbang Festival Kota Lama, masing-masing akan dibagikan rundown acara. Jika beruntung, pengunjung bisa juga mendapatkan semacam cendera mata berupa kipas Festival Kota Lama 2017. Lumayan bisa buat kipas-kipas karena biarpun malam hari, Semarang tetap panas udaranya.

Tidak banyak yang bisa saya ulas mengenai Festival Kota Lama 2017. Namun saya berharap semoga di tahun-tahun yang akan datang, Festival Kota Lama tetap terselenggara dan diwarnai dengan acara-acara yang lebih menarik lagi sehingga bisa menggaet banyak pengunjung.

Spot foto

Berfoto dengan Manusia Batu
Jika pembaca menemukan tulisan ini, kemungkinan besar Festival Kota Lama 2017 sudah selesai. Doakan saja semoga ada event serupa tahun depan.
Sampai jumpa di Festival Kota Lama 2018 :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih dan selamat datang kembali :)