Selasa, 20 Desember 2016

Magical December 2016 - PRPP Semarang


Setelah sukses menggelar Jateng Fair 2016 beberapa bulan sebelumnya, PRPP (Pusat Rekreasi dan Promosi Pembangunan) Semarang bersama Taman Pelangi kembali menjalin kerja sama untuk mempersembahkan acara yang diberi nama “Magical December : Snow Everywhere”. Bertempat di PRPP Jl. Anjasmoro Semarang, acara ini diselenggarakan selama sebulan penuh mulai 8 Desember 2016 hingga 8 Januari 2017.


Saya sendiri datang ke sini hari Sabtu 17 Desember 2016 karena tertarik dengan iming-iming Dancing Fountain. Oke, saya belum bisa move on dari air mancur menari ini sejak terakhir kali nonton sewaktu Jateng Fair 2016.

Dengan mengendarai kendaraan roda dua, saya sengaja berangkat sore hari pukul 17.00 menghindari tempat parkir yang penuh. Area parkir untuk roda dua disediakan dekat gerbang Puri Maerokoco, sedangkan untuk kendaraan roda empat bisa lewat gerbang utama PRPP. Setelah di rasa aman, saya berjalan menuju loket pembelian tiket di sebelah barat. Adapun 4 loket beserta pintu masuk, diantaranya 2 di sebelah timur dan 2 di sebelah barat. Untuk harga tiket masuk beda-beda ketika weekday dan weekend, begitu pun jam operasionalnya.




Snow and Foggy Area

Begitu masuk ke area PRPP, saya langsung menuju ke “Snow and Foggy Area” yang bertempat di Pelataran Gajah Mungkur, mumpung hari belum begitu gelap. Berdasarkan publikasi di berbagai tempat – banner di sudut-sudut Kota Semarang atau tersebar di berbagai sosial media – Magical December 2016 ini menghadirkan sensasi salju pertama di Jawa Tengah. Memang sih, saya baru pertama kali ini mendengar event sensasi salju, khususnya di Semarang. Tentu saja antusias, tapi teteeep Dancing Fountain tujuan utama :D

Versi siang


Snow and Foggy Area adalah sebuah gazebo beserta halamannya yang dibuat sedemikian rupa hingga menimbulkan kesan bersalju. Pada atap gazebo dihias rumbai-rumbai daun berwarna putih, sedangkan di sekelilingnya terdapat beberapa pohon lampion berwarna putih serta lampion yang lebih besar berbentuk batang pohon. Untuk menghasilkan efek berkabut dan bersalju, ada semacam mesin khusus yang dipasang di beberapa titik. Saran saya, jangan terlalu lama nongkrongin efek kabutnya karena kamu akan basah. Sayangnya, saat sore hari efek saljunya nggak jalan, baru malam harinya bisa dilihat. Iya, cuma dilihat karena nyempil di pojokan, dan cuma ada satu mesin!

Versi malam

Wahana Permainan Berbayar

Beberapa event rasanya nggak lengkap kalau nggak ada wahana permainan. Begitu pula Magical December 2016 kali ini, berbagai permainan tersebar di segala penjuru halaman. Adapun permainan-permainan umum yang kerap kali hadir memberi hiburan bagi pengunjung seperti bianglala, bom bom car, trampolin, euro bungee, rumah hantu (kali ini diberi nama snow ghost) dan banyak lainnya yang tidak saya sebutkan di sini. Adapun permainan (yang saya rasa) baru melengkapi hiburan di sini, salah satunya wahana rotating.


Untuk menikmati wahana-wahana permainan ini, pengunjung harus mengeluarkan biaya lagi sesuai dengan tarif masing-masing wahana. Tiket tersedia di loket yang telah disediakan.


Ice Skating – Syntetic

Wahana ini menjadi daya tarik utama dalam Magical December 2016 karena di beberapa media promosi menampilkan gambar yang keren banget serta bersalju. Namun kenyataannya banyak yang merasa kecewa karena realitanya nggak sesuai dengan ekspektasi mereka.

Contohnya, lintasan ice skating yang digunakan ini tidak terbuat dari es melainkan dari viber lilin. Saya *dengan muka polos bin bego* iseng-iseng menyentuh lintasan yang digunakan untuk ice skating dan nggak dingin sama sekali. Sensasi dingin di ruangan pun asalnya dari AC di dalam ruangan yang dipasang di banyak tempat di dalam ruangan.


Beberapa pengunjung yang merasa kecewa, merasa dibohongi dengan iklan-iklan yang tersebar dimana-mana, mereka tak sedikit yang protes melalui sosial media. Oleh karena itu, demi kenyamanan bersama, pihak penyelenggara memberikan koreksi pada materi publikasi mereka (seperti yang bisa kita lihat di akun instagram @magicaldecember2016), lengkap dengan FAQ / Frequently Asked Question.
Saya rasa, hal semacam ini tidak menyurutkan niat pengunjung untuk bermain Ice Skating – Syntetic terutama bagi anak-anak. Yang mau main ya monggo, yang nggak mau main ya nggak usah memperkeruh suasana. Gitu. Antrian di loket pembelian tiket yang mengular adalah bukti bahwa wahana ini masih diminati *meski sempat drama di sosial media* *eh* :D

Harga tiket Ice Skating – Syntetic per orangnya Rp 40.000,- untuk hari Senin – Kamis sedangkan Rp 50.000,- untuk hari Jumat – Minggu dan hari libur. Harga tiket sudah termasuk peminjaman sepatu skating. Lamanya waktu bermain dibatasi 30 menit per orang. Karena lintasannya nggak seberapa luas, demi kenyamanan bagi yang ingin bermain akan diberi nomor antrian. Lokasi tepatnya Ice Skating – Syntetic berada di dalam Bale Sumbing.

Dibandingkan dengan Ice Skating – Syntetic yang saya rasa image-nya gagal total adalah rumah salju. Letaknya di salah satu sudut yang menempel dengan lokasi Ice Skating – Syntetic. Mungkin penyelenggara menginginkan pengunjung merasakan sensasi sentuh salju, tapi kenyataannya salju yang dibuat dengan mesin bentuknya panjang-panjang kayak es serut *eh maap*. Mohon diperbaiki, yaa :D

Jateng Science Center

Masih di dalam area Bale Sumbing, Jateng Science Center / JSC menampilkan berbagai wahana yang berhubungan dengan sains seperti simulasi rumah gempa, specta mata, gyroschope, dan beberapa alat peraga JSC. Dengan masing-masing harga tiket yang terjangkau, saya memilih untuk masuk area alat peraga JSC. Cuma Rp 5.000,- saja sepuasnya…

Gyroschope

Di dalamnya tentu saja ada alat-alat yang berhubungan dengan sains. Beberapa di antaranya bisa juga ditemukan ketika berkunjung di Taman Pintar Yogyakarta. Anak-anak sih paling suka mainan hamster ring. Lari-lari di dalam roda putar kayak hamster. Bonusnya bila putaran telah memenuhi syarat, maka lampu LED akan menyala.

Lampion Light Garden

Bagi para pecinta selfie dan wefie, tempat ini kamu banget. Beberapa macam lampion ada di area paling pojok sebelah selatan, belakang Panggung Antartika. Nggak usah main jauh-jauh ke Kaliurang, di PRPP ada kok :D


Dancing Fountain

Sudah nggak perlu ditanyakan lagi soal air mancur menari yang sangat memikat hati ini. Dengan jadwal main lebih awal dan lebih banyak yaitu pada pukul 18.30, 19.30, 20.30, dan 21.30 saya rasa ini menyenangkan.

Kolam Dancing Fountain

Dancing Fountain adalah air mancur yang menari-nari sesuai dengan iringan music. Tak hanya air mancur saja, tetapi dilengkapi dengan lampu warna-warni, laser show, water screen, dan ada semburan apinya juga. Kapan lagi nonton air dan api yang bersahabat kalau bukan di sini?

Videonya nyusul yaa.. :D

Turut mengundang tenant untuk melengkapi gelaran Magical December 2016. Di antaranya menggelar tantangan untuk mendapatkan hadiah, seperti yang dilakukan oleh stand Sirup Fres. Yang lainnya banyak yang menjual makanan, minuman, pakaian, accessories, fashion, dan macam-macamnya. Hampir mirip lah sama tata letak sewaktu penyelenggaraan jateng Fair 2016.



Kesimpulan

·         Dengan harga tiket masuk sebesar Rp 20.000 – Rp 25.000 saya rasa cukup mahal. Jika dibandingkan dengan tiket masuk Jateng Fair 2016 yang selisih Rp 5.000 dan area  yang digunakan hanya setengahnya saja. Toh untuk wahana Ice Skating – Syntetic tidak termasuk tiket terusan.

·         Saya tidak menemukan rundown acara yang akan dilangsungkan di Panggung Antartika. Jadi, saya tidak bisa menemukan alasan yang paling tepat untuk kembali berkunjung (untuk kedua kalinya) ke sini.


Semoga penyelenggara Magical December 2016 nggak merasa kapok dengan banyaknya kritik dan saran dari pengunjung. Kritik kami adalah bukti bahwa kami ingin acara ini sukses tanpa merugikan siapapun (Anda yang menyelenggarakan, pun kami yang menikmati).
Akhir kata, jika tahun depan masih ada event semacam ini, semoga lebih baik lagi. Terima kasih.

*Kabarnya pada malam pergantian tahun akan ada pesta kembang api dari gelaran Magical December 2016. Yakin nggak mau ke sini? :D

UPDATE!!!

Wow, sudah ada rundown acara yang akan dilangsungkan di Panggung Antartika, lho! ini saya dapat dari instagram Magical December 2016 :)



5 komentar:

  1. Yang ice sketing syntetic itu mbak, bikin ingin merasakannya....
    tapi sayang, di Semarang,,,, nggak di Jogjakarta, hehehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sesekali main ke Semarang, mas :)

      Hapus
  2. Seru banget Magical Desembernya Mba.. Mupeng sama ice skatingnya.. Aku pasti seharian betah disini :3

    BalasHapus
  3. ulasan yang menarik mudah dipahami buat yang penasaran mksih infonya gan.

    BalasHapus
  4. cocok ni untuk liburan bareng keluarga

    BalasHapus

Blogger yang baik selalu meninggalkan jejak.
Terima kasih dan selamat datang kembali :)