Sabtu, 28 Mei 2016

Artur Summer Festival 2016


Apa sih Artur Summer Festival 2016?

Artur Summer Festival 2016 adalah acara musik tahunan yang diselenggarakan oleh Wadah Seni Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNIKA Soegijapranata. Digelar pada tanggal 21 Mei 2016 yang lalu dan bertempat di Stadion Diponegoro Jl. Ki Mangunsarkoro Semarang.


Jauh-jauh hari saya sudah beli 2 buah tiket pre-sale 3 untuk acara Artur Summer Festival 2016. Kenapa beli pre-sale? Karena sudah jelas lebih murah daripada harga OTS / on the show. Kalau nggak salah saya beli tanggal 2 Mei 2016, waktu main ke Tembalang, eh kok nemu mas-mas bawa poster Artur Summer Festival 2016. Langsung aja tuker duit Rp 60.000,- dengan kuitansi 2 lembar untuk selanjutnya ditukarkan tiket asli mulai H-4.

Galau… Galau… Galau…


Waktu itu tiket udah di tangan (baru aja nukerin hari Rabu, 18 Mei 2016). Buka-buka instagram ternyata di Semarang tanggal 21 Mei 2016 banyak acara. Yang paling disayangkan nggak bisa nonton adalah Festival Banjir Kanal Barat. Dari tahun 2014 mau nonton lampion terbang di acara Festival Banjir Kanal Barat gagal terus. Ya gimana lagi, pasrah aja lagi-lagi gagal nonton karena waktunya bentrok :(

Selain Festival Banjir Kanal Barat, acara lain yang diselenggarakan bersamaan di tanggal 21 Mei 2016 bertempat di Balai Kota Semarang, Kawasan Kota Lama, Lapangan Garnisun Kalisari, dan Maerakaca Semarang.

Hari-H 21 Mei 2016

Hari Sabtu pun melenggang dengan anggun. Kerjaan lancar karena nggak ada lembur. Sayangnya, sore hari hujan deras nggak bisa ditolerir. Karena venue untuk konser adalah outdoor dan berbentuk tanah lapang, udah jelas bakalan becek. Tapi itu nggak menyurutkan niat untuk datang, eman-eman tiketnya, nggak mau rugi :D

Setelah sholat maghrib, saya janjian dengan satu orang teman. Dia jemput ke rumah dan kami berdua boncengan menuju Stadion Diponegoro. Waktu itu kami bayar parkir 1 sepeda motor seharga Rp 5.000,- buseeeet mahal amat bang -__-

Alhamdulillah hujan sudah reda. Dan Alhamdulillah banget penonton belum banyak yang memadati area depan panggung padahal open gate mulai jam 15.00 dan waktu itu sudah menunjukkan pukul 18.30. Nggak pakai lama, saya dan teman saya langsung ambil posisi di baris ketiga dari depan di sebelah sayap kanan. Setelah sebelumnya beli minum di stand-stand yang sudah tersedia. Jaga-jaga kalau haus.

Band Pembuka

Sebelum guest star nya tampil, udah pasti acara diisi oleh band-band pembuka. Pas posisi saya udah di depan stage, yang tampil adalah WSM Dance.

Setelah itu, band indie asli Semarang yaitu Offside Mouth. Dua lagu terakhir yang mereka bawa, paling saya sukai. Judulnya Pergi Jauh dan Melangkah Ke Depan.


Selain itu ada band lokal Semarang juga, cukup terkenal. Mereka menamai grup mereka sebagai Orkest Gangsta Familia. Nama fans mereka adalah Begundal Handal. Siapa lagi kalau bukan Serempet Gudal a.k.a Sereal.



Lirik lagu dan kostumnya yang ‘nyeleneh’ tapi musiknya asik, sukses bikin para penonton joget. Banyak juga penonton yang udah hafal lagu-lagu Sereal. Saya pun tahu cuma beberapa lagu saja. Di acara Artur Summer Festival 2016 Serempet Gudal menyanyikan lagu berjudul Laskar Mahesa Jenar, dedikasi untuk ulang tahun ke-84 PSIS Semarang. Selain itu juga mereka berkata turut berduka atas tragedi kericuhan antara warga Kebonharjo dengan PT. KAI.

And the guest star is…

Menampilkan band papan atas yang baru saja berulang tahun ke-20 tahun pada 6 Mei yang lalu. Siapa lagi kalau bukan SHEILA ON 7. Guest star ini pula yang membuat saya mau nonton konser seperti ini. Padahal ini bukan pertama kalinya nonton live Sheila On 7 :D

Waktu sudah menunjukkan pukul 21.00, sudah saatnya guest star tampil. Tapi ditunggu ditunggu lamaaaaa bangeeet. Kata pembawa acara tunggu 15 menit lagi. Eh ternyata sampai satu jam belum nongol juga. Sampai banyak penonton yang nyeletuk “suwiii” yang artinya lama. Beberapa orang berseru “kembalikan uang kami, 300%” bukan, mereka bukan demo, mungkin hanya kesal menunggu saja. Nah, yang paling gokil dari penonton di baris belakang-belakang saya, mereka malah sholawatan! Hahahaaa dikira habis pengajian :D

Akhirnya pukul 22.10 Sheila on 7 naik panggung juga. Lagu pertama yang dibawakan adalah “Hari Bersamanya”. Rasa kesal penonton nggak seberapa dibandingkan dengan pertemuan mereka dengan sang idola. Saya yakin, sebagian yang hadir adalah Sheila Gank (sebutan untuk fans Sheila On 7).


Berikut set up lagu yang dibawakan Sheila On 7 di acara Artur Summer Festival 2016. Foto di bawah, saya ambil dari instagramnya Sheila On 7.

Sumber dari sini

Dan ternyata banyak bonusnya!
Lagu “Lapang Dada” dikasih medley “Lihat, Dengar, Rasakan”, “Pasti Ku Bisa”, dan “Anugerah Terindah yang Pernah Kumiliki”. Serta bonus lagunya “Sahabat Sejati” yang di-medley dengan “Kau Kini Ada”, “Temani Aku”, “Generasi Patah Hati”, “Perhatikan Rani”.

 




Nyesel nunggu lama? Enggak!
Malah Duta sebagai vokalis Sheila On 7 mengucapkan terima kasih pada penonton yang sudah menyempatkan waktunya untuk nonton Sheila On 7 meski di Semarang sedang banyak event.


After Party

Dan setelah Sheila On 7 membawakan sekian banyak lagu dalam waktu kurang lebih satu jam, masih ada penampilan MYHM. Yang suka musik-musik DJ mereka merapat ke depan panggung. Saya dan sebagian besar penonton memilih untuk pulang karena gerimis semakin deras.


Yang saya sukai ketika nonton konser seperti ini adalah Alhamdulillah tertib. Jadi nggak nyesel dan nggak kapok nonton lagi :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Blogger yang baik selalu meninggalkan jejak.
Terima kasih dan selamat datang kembali :)