Minggu, 26 Juli 2015

Coba-coba ke Pantai di Ujung Timur Gunung Kidul

Setelah libur lebaran, baru juga kerja satu hari, udah ambil cuti dua hari. Enak kan? Ya jelas. Inilah hasilnya jika susah move on dari kamu liburan :D

Setelah debat dengan kalem bersama teman-teman, akhirnya disepakatilah hari Sabtu (25/07/2015) untuk berlibur di Jogja. Teman-temanku yang terdiri dari 4 orang, berangkat dari Semarang hari Jumat malam, sementara aku berangkat duluan di Jumat paginya.

Setelah sarapan, berangkatlah diriku turun Hargo Dumilah menuju Taman Pintar. Iya, janjian sama temen di sana karena mereka disuruh janjian di Terminal Giwangan pada nggak tahu jalan. Ini nih sebagian kecil yang aku nggak suka dari perjalanan rombongan. Repot *upss :P
Setelah berjumpa dan mereka nunggu aku agak lama *biarin aja lah* berangkatlah kami menuju pantai di Kabupaten Gunung Kidul dengan 3 sepeda motor.

Terpilihlah Pantai Jogan hasil rekomendasi seorang teman dengan iming-iming “ada air terjunnya lho,,,” Padahal aslinya nggak tau jalan menuju kesana. Berbekal tanya-tanya warga sekitar yang ramah-ramah.

Pantai Jogan berada di desa Purwodadi, kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul. Tepatnya di sebelah barat Pantai Nglambor. Jika mengunjungi Pantai Siung, maka akan melewati Pantai Jogan dan Pantai Nglambor.

Entah kami yang kurang berpengalaman atau memang seperti itu. Jadi ceritanya kami membayar retribusi masuk pantai dua kali. Yang pertama Rp 10.000,- di TPR dekat Pantai Baron, yang selanjutnya Rp 5.000,- di TPR dekat pantai Jogan. Dari TPR yang kedua, jalan lurus saja hingga menemukan papan petunjuk arah Pantai Jogan di sebelah kanan jalan. Sebelum mencapai tempat parkir dan pantainya, akan disuguhkan jalan cor blok yang sudah mulai rusak.

Air terjun di Pantai Jogan sepertinya berasal dari sungai kecil yang mengalir dari perbukitan. Jadi jika ingin menikmati air terjun yang deras di Pantai Jogan, sebaiknya jangan datang di musim kemarau seperti kami, hehee :D
Untuk mendekat ke air terjun, bisa menuruni tebing. Tapi hati-hati karena jalannya licin.

Di Pantai Jogan nyaris tidak ada pasir pantainya karena laut berbatasan langsung dengan tebing. Oleh karena itu, kami rombongan mencari destinasi lain yang ada pasir pantainya. Dipilihlah Pantai Siung yang selain dekat juga katanya bagus.

Sebelum menyusuri pasir pantai, alangkah baiknya makan siang terlebih dahulu. Biar kuat diabaikan kamu jalan-jalan di pantai yang aduhai panasnya.
Berbeda dengan teman-teman yang langsung nyebur ke air laut, aku memilih tetap kering dengan berada di pinggiran saja dan foto-foto :D

Di ujung timur, banyak orang-orang yang menaiki tebing untuk berfoto-foto dari atas. Sayangnya, kami tidak mencoba ke sana. Ya beginilah nasibnya kalau jalan rombongan, maunya setiap orang beda-beda dan harus ngalah. Beda dengan single trip yang asik banget dijalani.

Foto punya temen :D

Menjelang sore, kami bergegas pulang karena nggak enak pulang malam-malam membawa anak kecil. Pulang lewat Jl. Jogja Wonosari dan berpisah di perempatan Pathuk. Aku menuju Dlingo dan teman-teman yang lain ke Sleman. Lain kali ke mana kek gitu, jangan pantai terus, guys, bosen! :D