Senin, 17 Februari 2014

[Review] "5CM"



Cerita ini berawal dari 5 orang yang suka tongkrongan dan meng-claim dirinya anak pinter padahal agak tolol. 1 orang cewek dan 4 orang cowok yang menyebut geng nya ‘Power Rangers’. Here they are…

·         Arial       : Manusia paling ganteng di geng. Sosok yang biasa aja, tenang, asik, jarang bercanda. Seseorang yang punya kebiasaan nggak bisa makan tanpa kecap.
·         Riani       : Satu-satunya cewek paling cantik di geng (karena yang lain cowok semua). Pinter, cerewet, dan suka debat. Anaknya rame, kadang-kadang agak serius juga tapi kocak.
·         Zafran     : Penyair dadakan ini otaknya agak konslet kali ya? Sedang mengejar cinta Dinda. Anaknya saklek tapi kocak.
·         Ian         : Penggemar bola yang nggak bisa main bola. Badannya gemuk subur dengan kepala botak plontos, biar gampang keramas katanya.
·         Genta     : The leader. Sosok yang apa adanya alias nggak macem-macem. Genta itu segalanya yang dibutuhkan sebagai seorang teman oleh keempat sahabatnya.

Para sahabat ini bertemu pada masa SMA mereka. Kemana-mana berlima, nongkrong, jalan-jalan, nonton, bahkan sampai lulus kuliah pun masih sama-sama (eh yang ini bohong banget, soalnya Ian nggak ikut lulus kuliah bareng). Pada suatu saat mereka merasakan kejenuhan dengan pertemanan mereka yang begitu-begitu saja. Alasan lainnya, ingin melihat dunia luar selain tongkrongan berlima. Maka, disepakatilah untuk sama-sama saling melepas komunikasi selama 3 bulan. Jadi, selama 3 bulan nggak boleh ada yang ngabarin atau kumpul-kumpul. Lama nggak sih? Tentu dong. Perjanjiannya, mereka berlima bakal kumpul lagi merayakan pertemuannya setelah 3 bulan pada tanggal 14 Agustus.

** Tutur katanya ringan khas anak remaja tapi yang nggak habis pikir, bahasa prolog nya itu agak njlimet menurut saya. Ya, menurut saya sebagai orang awam yang tidak terlalu mengenal sastra atau musik asing. 10 halaman pertama saja sudah ingin menyerah, ‘kok berat gini ya bacaannya?’. Tapi akhirnya kuputuskan untuk menikmati halaman demi halaman yang dibumbui oleh kocaknya dan agak-agak nggak lulus sensor dikit kalau dibaca anak dibawah umur (yang belum dewasa jangan dibayangin, pliiisss)

Semenjak perjanjian itu, hidup mereka sangat sepi. Kehidupan geng Voltus (sebutan untuk mereka berlima dari teman Genta) saling merindukan satu sama lain.
·         Zafran, kebanjiran pesanan desain karena dia emang pinter desain. PDKT dengan Arinda (adik Arial) pun tetap berjalan, namun kali ini hanya melalui telefon. Ya, Zafran memang jatuh cinta sama Dinda.
·         Riani, cewek cantik nan ramah ini baru sebulan sudah dipercaya kantornya untuk memegang liputan (entah apa pekerjaannya). Ia diam-diam menyimpan perasaan pada salah satu teman dekatnya.
·         Arial, akhirnya memutuskan untuk kenal lebih dekat lagi dengan Indy (cewek yang ketemu di tempat fitness). Gaya sakleknya ini bikin Indy jadi ragu untuk lebih dari sekedar temen, tapi akhirnya mereka pacaran juga.
·         Ian, selama cuti ketemuan sama geng Power Rangers, ia mendadak rajin menyelesaikan skripsinya yang keteteran. Ia bertekad untuk lulus dan membuktikan kalau dirinya bisa menyelesaikan skripsi dalam waktu 2 bulan.
·         Genta, sibuk dengan project officer nya yang lagi-lagi selalu sukses dengan kegigihan dia dan rekannya. Ah ya, Genta ternyata menyimpan perasaan yang lebih dari sekedar sahabat kepada Riani.

** Dari novel 5CM ini saya jadi punya pengetahuan baru tentang skripsi yang dipelajari Ian yaitu soal Emotional Intelligent. Penyampaiannya juga sederhana, dengan tanya jawab antara Ian dengan dosen pembimbing skripsinya. Selain itu, dari novel ini saya juga belajar indahnya persahabatan, arti dari sebuah perjuangan tanpa kata menyerah.

Akhirnya 3 bulan akan segera berlalu. Tepatnya tanggal 7 Agustus, Genta sang leader memberi kabar kepada teman-temannya melalui SMS untuk ketemu di stasiun kereta api Senen tanggal 14 Agustus jam 2 siang. Lengkap dengan warning membawa peralatan bermacam-macam. Wah, ada kejutan apa nih?

Stasiun kereta api Senen jam setengah dua siang. Tawa, canda, dan saling peluk pecah diantara mereka berlima. Genta, Zafran, Riani, Ian, Arial mereka saling melepas kangen yang dipendam 3 bulan lamanya. Oh ya, ditambah Dinda yang ingin ikut kakaknya mendaki Mahameru. Ya, misi mereka adalah berada di tanah tertinggi Jawa pada tanggal 17 Agustus.

Perjalanan selanjutnya, mereka naik kereta Matarmaja jurusan Jakarta – Malang. Sehari semalam berada di dalam kereta, mereka gunakan untuk bercanda, ngobrol serius, sampai cerita-cerita soal 3 bulan yang telah dilewatinya terutama Ian yang akhirnya lulus juga. Soal Arial yang jadian dengan Indy dan akhirnya memilih sendiri-sendiri dulu karena menurut Indy, Arial terlalu protektif.

** Disamping cerita dengan pembawaan yang kocak, terdapat juga beberapa cerita yang menyentuh, bikin mengiris hati. Alhamdulillah, syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas limpahan nikmat dimana orang-orang diluat sana masih banyak yang lebih membutuhkan.

Perjalanan panjang melalui beberapa stasiun persinggahan sampai pada akhirnya menginjak stasiun Malang, pemberhentian terakhir. Lalu carter angkot menuju Tumpang, selanjutnya menaiki jip untuk sampai di Ranu Pane. Perjalanan ke Mahameru, bukan saja tentang perjalanan petualangan alam tetapi juga perjalanan hati.

Rasa lelah dan pegal mulai menghinggapi geng Power Rangers ditambah Dinda. Saat mereka kehabisan persediaan air minum, tibalah mereka di Ranu Kumbolo, surganya Mahameru. Sebuah danau di ketinggian dengan pohon pinus dan cemara yang berbaris rapi di sekelilingnya.
Kemudian melewati tanjakan cinta, padang ilalang, padang Edelweis, Kalimati, Arcopodo. Ah, Mahameru memang indah ya?

Lalu bagaimanakah mereka berenam akan sampai di puncak? Mampukah mereka berdiri di atas tanah tertinggi Jawa dengan selamat atau hanya tinggal nama?

** Ini perjalanan berpetualang bersama sahabat, ini juga perjalanan hati dimana benih-benih cinta telah melekat pada mereka yang saling memendam perasaannya. Akankah persahabatan mereka akan hancur dengan adanya cinta yang bersemi di hati? Atau malah makin dewasa sejak pendakian Mahameru? Temukan selengkapnya di novel 5CM


Keterangan buku:
Judul                     : 5CM
Penulis                   : Donny Dhirgantoro
Editor                    : A. Ariobimo Nusantara
Desainer sampul dan ilustrasi : Bayu Abdinegoro
Penata Isi                : Suwarto
Penerbit                  : PT. Grasindo
ISBN                      : 97897902591762







5 komentar:

  1. Saya pernah nonton film ini, tapi kalau novelnya belum. Asyik mana ya?

    BalasHapus
  2. Kalo dari segi 'asik' sih lebih asik film nya..
    Kalo diambil dari pengetahuan, lebih bagusan novelnya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tapi biasanya kalau sudah nonton filmnya, jadi males baca novel aslinya. Apalagi aku dan teman-teman sepertinya enggak ada yang punya.

      Hapus
  3. wah, lengkap sekali :)

    Kirain saya, Genta yang bakalan jadian sama Riani eh ternyata bukan hehehhe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, aku juga. Pertama kali nonton filmnya juga mikir gitu :D

      Hapus

Blogger yang baik selalu meninggalkan jejak.
Terima kasih dan selamat datang kembali :)