Kamis, 25 Desember 2008

Bukan Sekedar Enak Disantap


Kentang ( Solanum tuberosum L ) termasuk keluarga besar Solanaceae. Dunia mengenalnya dengan nama potatoes atau potato.Di Eropa kentang telah lama menjadi salah satu makanan pokok dan diolah menjadi sajian sangat beragam. Namun, di tengah trend makanan alami atau organik, saat ini kentang rebus menjadiidola di berbagai negara, termasuk negara maju seperti AS dan negara2 Eropa.

Tumbuhan asli Amerika Selatan ini masuk ke Eropa abad XVI, dan dicatat sejarahwan sebagai salah satu pemicu migrasi bangsa Irlandia ke Amerika pada abad ke-19.Di Amerika Selatan kentang telah dibudidayakan oleh penduduk di sana ribuan tahun silam.


Jumlah karbohidrat dalam kentang mencapai 18 persen, protein 2,4 persen, dan lemak 0,1 persen. Kentang juga mengandung vitamin C, kalsium, fosfor, besi, kalium, vitamin B1, A dan B2. Kandungan airnya mencapai 77,8 persen karenanya kentang bersifat dingin. Para ahli Malaysia menegaskan air kentang bersifat antiseptik dan antiinflamasi dan berkhasiat mengurangi rasa sakit dan nyeri kulit dan sendi. Kentang juga diindikasikan dapat mencegah kanker, asam urat, ginjal, sistem lambung dan jantung, lever.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Blogger yang baik selalu meninggalkan jejak.
Terima kasih dan selamat datang kembali :)